Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Moge yang Harganya Selangit, Tembus Rp 7 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor gede (moge) pada umumnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Namun, beberapa moge juga ada yang dijual dengan harga luar biasa tinggi. Ada yang hampir Rp 1 miliar hingga di atas Rp 1 miliar.

Pemerintah sudah menetapkan untuk motor-motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc akan diwajibkan membayar luxury tax alias Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Pajak tersebut yang membuat harga moge jadi meningkat signifikan. Namun, ada juga moge yang belum dikenai pajak, harganya sudah selangit.

Di Indonesia, cukup banyak moge yang harganya jauh di atas rata-rata. Tapi, Kompas.com hanya mengambil harga yang tertinggi dari masing-masing merek, yang harganya hampir mencapai Rp 1 miliar.

Berikut ini daftar 7 moge yang harganya selangit, diambil dari berbagai sumber:

1. Yamaha YZF-R1M
Motor supersport Yamaha yang satu ini adalah tipe tertinggi. Banyak teknologi dari M1, motor Yamaha di MotoGP, yang diturunkan pada R1M. Spesifikasi standar motor ini diklaim sudah siap untuk dipakai balapan di trek. Yamaha membanderolnya dengan Rp 812 juta (OTR Jakarta).

2. Moto Guzzi California Touring SE
Moge yang siap untuk diajak berkendara jarak jauh ini dibekali mesin berkapasitas 1.380 cc. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 71 kW pada 6.500 rpm dan torsi 120 Nm pada 2.750 rpm. California Touring SE dijual dengan harga Rp 812 juta (OTR Jakarta).

3. Kawasaki Ninja H2 Carbon
Ninja H2 Carbon diproduksi terbatas hanya 120 unit di dunia. Indonesia sudah mendapat jatah satu unit dan terjual, meskipun dibanderol Rp 835 juta (OTR Jakarta). Namun demikian, Kawasaki masih menampilkan Ninja H2 Carbon di situs resminya. Tapi, kali ini harganya menjadi Rp 820 juta (OTR Jakarta).

4. MV Agusta F4 RR
Moge yang satu ini memiliki nama baik di dunia balap. Pabrikan asal Italia tersebut melahirkan F4 RR dengan mesin berperforma tinggi dengan kapasitas 998 cc. Dibekali beragam teknologi tinggi dan juga komponen dengan material terbaik, F4 RR dibanderol Rp 998 juta (OTR Jakarta).

5. BMW HP4 Race
BMW Motorrad juga memiliki motor supersport dengan harga yang fantastis, yakni HP4 Race. Meski dijual secara umum, tapi HP4 Race hanya bisa dipakai di sirkuit. Alasannya, memang saat keluar dari pabrik, moge ini tidak dibekali dengan sistem pencahayaan, seperti lampu depan, lampu sein, dan lainnya, serta spion.

Di Indonesia, motor ini dijual dengan harga Rp 2,1 miliar (off the road).

6. Harley-Davidson CVO Limited
Pabrikan motor legendaris asal Amerika Serikat ini memang dari dulu selalu dikenal dengan produsen moge. Salah satunya adalah CVO Limited, yang dibekali dengan mesin berkapasitas 1.923 cc. Moge yang satu ini masuk dalam kategori motor touring. Harganya juga luar biasa, tembus Rp 2,12 miliar (OTR Jakarta).

7. Honda RC213V-S
Sejauh ini, motor supersport termahal yang hadir di Indonesia adalah RC213V-S. Moge yang satu ini bisa dibilang sebagai replika dari motor Honda di MotoGP, yakni RC213V. Spesifikasi teknis juga tak jauh berbeda.

Selain itu, yang membuatnya istimewa juga karena moge ini diproduksi secara terbatas. Maka itu, tak heran jika di Indonesia Honda mengklaim harganya ada di kisaran Rp 7 miliar hingga Rp 9 miliar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/03/090200515/7-moge-yang-harganya-selangit-tembus-rp-7-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke