Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menguji Kenyamanan SUV Rp 800 Jutaan Asal Perancis, Peugeot 5008

JAKARTA, KOMPAS.com - Peugeot 5008 merupakan model sport utility vehicle (SUV) termewah yang dimiliki oleh Astra Peugeot saat ini. Dibanderol Rp 800 jutaan, mobil memiliki berbagai hal menarik.

Tidak hanya pada bagian eksterior, keseluruhan kabin 5008 juga terbilang antimainstream dan futuristik.

Banyak elemen mewah yang disematkan mulai dari dasbor bertumpuk, material berkelas, sampai cockpit yang menyerupai pesawat terbang atau mobil balap

Peugeot menamakan desain dari bagian cockpit ini ialah i-Cockpit. Ciri khasnya, stir flat top-bottom yang tidak bundar, desain persneling mirip joystick jet fighter, serta tampilan speedometer digital dan berwarna.

Kemudian, Peugeot juga merancang layout dasbor lebih atraktif. Hampir semua tombol fungsi di tempatkan dekat dengan pengendara.

Sementara untuk sistem hiburan sudah ditunjang dengan layar sentuh 8 inci pada bagian atas seperti mobil Jerman di kelasnya.

Dari layar ini, pengendara bisa mendapat dan mengatur berbagai informasi seperti temperatur kabin, audio, sampai memilih pengharum kabin dengan tiga pilihan aroma.

Di bawahnya, ada tombol pengaturan yang berbentuk piano key, seperti sportscar. Material yang digunakan di bagian ini jauh dari kesan murahan, karena sudah difinishing satin chrome.

Pengendara bisa mengaktifkan beragam fitur melalui tombol ini, seperti park assist sampai koneksi dengan ponsel.

Sedangkan konsul tengah menjadi lapak buat tuas transmisi, fitur advanced grip control, serta dua pilihan mode berkendara, yakni sport dan normal.

Kenyamanan dan Kelapangan

Prihal kenyamanan, kursi bagian depan 5008 telah dilapisi leather-fabric berkualitas tinggi yang memberikan kenyamanan selama perjalanan. Khusus pada bagian pengemudi, telah disisipkan pula fitur power seat 8-way dengan dua memory setting.

Namun pada kursi penumpang bagian depan, pengaturannya belum otomatis.

Lalu pada tempat penyimpanan di bagian depan, terbilang sangat minim. Sebab, sudah ditempati parfum yang bisa secara otomatis menyemprot ke dalam kabin mobil. Maka, tempat penyimpanan utama di mobil ini ada pada arm rest depan.

Kemudian pada kursi baris kedua, bisa dibilang sangat fleksibel karena konfigurasinya individual seat, memiliki ruang gerak yang cukup jauh, dan bisa dibuat rata lantai. Semua kursi telah memiliki headrest dan sabuk pengaman dua titik.

Untuk mengganti ruang penyimpanan yang terbatas di mobil, pada kursi baris kedua disediakan meja baca berukuran kecil yang menyatu dengan dua jok bagian depan.

Kursi baris ketiga tidak direkomendasikan untuk orang dewasa. Bagian ini hanyalah kursi emergency, yang dimana ruang kaki dan kepalanya begitu terbatas.

Kompas.com yang memiliki postur tinggi 170 cm dengan badan sedikit kurus, tidak bisa duduk dengan lurus dan nyaman di baris ketiga. Mungkin bagian ini cocok untuk ditempati anak-anak.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/30/182500415/menguji-kenyamanan-suv-rp-800-jutaan-asal-perancis-peugeot-5008

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.