Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Proses Blokir STNK secara Online Maksimal Rampung 2x24 Jam

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik kendaraan di wilayah DKI Jakarta kini bisa melakukan pemblokiran identitas dan pajak pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), tanpa harus datang ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Kasie STNK Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Arif Fazrulrahman mengatakan, pelayanan yang tersedia di situs di https://pajakonline.jakarta.go.id ini sudah berjalan sejak November 2019.

"Sudah berjalan bekerja sama dengan Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta. Jadi, pemilik kendaraan yang sudah menjual atau mengalihkan kepemilikan kendaraannya, agar tidak terkena pajak progresif dan hal-hal tak diinginkan lainnya, bisa melakukan pemblokiran tanpa harus datang ke Samsat," katanya kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Sementara itu, menurut Zidni Apriya, Kepala Sub Bagian Pengembangan Sistem Informasi BPRD DKI Jakarta, layanan tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk melaporkan kendaraan yang hilang atau juga rusak akibat kecelakaan lalu lintas ataupun bencana alam, hingga blokir.

"Untuk bisa memanfaatkan layanan ini, lakukan pendaftaran lebih dahulu. Sebagai catatan, identitas kendaraan dan user (NIK) harus sama sehingga terkoneksi," ujarnya.

"Adapun proses pemblokiran maksimal 2x24 jam. Tapi, sebagian besar hari itu dilaporkan, hari itu juga selesai. Asalkan konfirmasi dari pemiliknya cepat," kata Zidni.

Sebagai informasi, pajak progresif merupakan beban perpajakan yang dikenakan kepada setiap pemilik mobil atau motor lebih dari satu. Untuk itu, penting melakukan pemblokiran jika kendaraan sebelumnya sudah dijual atau alih kepemilikan.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/18/072200715/proses-blokir-stnk-secara-online-maksimal-rampung-2x24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke