Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Sekadar Aksesori, Stabilizer Setang Punya Fungsi Penting

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap motor yang keluar dari pabrikan dilengkapi dengan stabilizer pada bagian ujung setang. Komponen yang satu ini juga biasa disebut dengan jalu setang.

Tak banyak yang tahu bahwa komponen yang satu ini punya fungsi yang cukup penting. Stabilizer setang bukan hanya berfungsi sebagai aksesori penambah estetika motor.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, mengatakan, fungsi utama dari stabilizer atau jalu setang adalah meredam getaran setang kemudi. Selain itu, dapat mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan.

"Jika motor terjatuh, komponen tersebut akan menumpu pada aspal atau permukaan jalan. Sehingga, meminimalisir kerusakan pada komponen setang kemudi langsung atau bodi motor," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dadan Danil, Technical Training 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), juga mengatakan, selain meredam getaran, fungsi stabilizer setang adalah melindungi saat terjadi kecelakaan agar tidak semakin parah.

"Stabilizer setang ini akan menjadi tumpuan saat motor terjatuh. Sehingga, tuas gas tidak tertarik atau tertahan saat motor dalam posisi terjatuh," kata Dadan.

Sayangnya, tak banyak pemilik motor yang paham akan fungsinya. Saat mengganti setang atau stabilizer copot, tidak menggantinya dengan yang baru.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/15/100200115/bukan-sekadar-aksesori-stabilizer-setang-punya-fungsi-penting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke