Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Penerapan Tilang Elektronik Akan Diperluas | Prediksi Harga NMAX Terbaru

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya dalam waktu dekat ini akan memperluas penerapan tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement (ETLE). Selain mobil, jenis penindakan dengan mengandalkan kamera CCTV ini bakal diterapkan pada sepeda motor.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menariknya lagi, yakni seputar prediksi harga Yamaha NMAX generasi terbaru.

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Selasa 7 Januari 2020:

1. Siap-siap, Penerapan Tilang Elektronik Akan Diperluas

Penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) akan segera diperluas di DKI Jakarta.

Memasuki awal 2020, bakal ada 45 kamera tambahan yang sedang disiapkan untuk mengawasi segala jenis pelanggaran lalu lintas.

Penambahan kamera pengawasan ini merupakan tindak lanjut dari 12 instalasi kamera yang sebelumnya sudah terpasang dan bekerja di kawasan Jalan Sudirman hingga MH Thamrin.

Selanjutnya, untuk waktu perluasan, menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar, hanya tinggal beberapa waktu lagi. Pasalnya saat ini sudah memasuki tahap instalasi yang setelah itu dilanjut dengan masa uji coba.

2. Mobil Kena Aquaplaning, Jangan Dilawan dan Ikuti Arahnya

Gejala aquaplaning atau hilangnya traksi roda karena air biasanya terjadi hanya sebentar. Namun kejadian itu sudah cukup membuat mobil bergeser keluar jalur, dan bisa berakibat fatal.
Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan bahwa langkah pertama yang bisa dilakukan pengemudi saat mobil mengalami aquaplaning adalah dengan tidak panik dan tetap tenang.

“Saat aquaplaning terjadi lepas pedal gas, rem, dan kopling. Jangan dilawan tapi diikuti saja, sambil tahan posisi setir. Ketika dapat traksi koreksi sedikit demi sedikit,” ujarnya kepada Kompas.com (6/1/2020).

3. Prediksi Harga Yamaha NMAX Generasi Terbaru

Wujud Yamaha NMAX generasi baru sudah hadir akhir tahun lalu. Sedangkan yang masih dirahasiakan yaitu berapa harga dan kapan skutik bongsor tersebut ada di diler biar bisa dipinang.

Beberapa tenaga penjual Yamaha yang dikonfirmasi juga tidak mengatakan berapa dan kapan persisnya NMAX generasi baru meluncur. Hanya memberi rujukan bahwa motor bisa hadir di pertengahan tahun.

"Pertengahan 2020. Mungkin Juni, bisa habis Lebaran malah," kata salah satu tenaga penjual Yamaha di Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020).

4. MG Selangkah Lagi Masuk Indonesia

Merek otomotif asal Inggris campuran China, Morris Garage atau MG, tinggal selangkah lagi ikut meramaikan pasar roda empat tanah air tahun ini.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut bahwa pihaknya telah bertemu dengan perwakilan MG.

Mereka dijadwalkan akan masuk Indonesia dan jadi anggota Gaikindo pada awal 2020.

"Kita sudah sempat bertemu, MG akan segera mengurus kelengkapan dokumen dan menjadi anggota Gaikindo pada awal 2020," katanya kepada KOMPAS.com, Jakarta, belum lama ini.

5. Suzuki Jimny Terasa Semakin Lawas di Tokyo Auto Salon

Rumah modifikasi asal Jepang, DAMD, kembali membuat gebrakan dengan karya modifikasi Suzuki Jimny dengan rasa lawas di Tokyo Auto Salon 2020.

Pada ajang sama, setahun sebelumnya, DAMD menghadirkan Jimny yang tampak seperti Land Rover Defender dan Mercedes-Benz G-Class.

Dilansir dari Motor1, kini pada Tokyo Auto Salon 2020, tampilan Jimny baru dibuat mirip dengan Ford Bronco dan versi orisinil dari generasi lawas Jimny LJ10.

Untuk model yang pertama, DAMD melabelinya dengan Dronco. Tampilan kotak milik Ford Bronco rupanya dapat diaplikasikan dengan sempurna pada Jimny.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/08/060200815/-populer-otomotif-penerapan-tilang-elektronik-akan-diperluas-prediksi-harga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke