Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Ditutup, Ini Fungsi Lubang Kecil Pada Knalpot

Melainkan memang didesain sedemikian rupa dan memiliki fungsi yang cukup penting. Dan mungkin banyak yang belum memahami kegunaan dari lubang kecil pada knalpot.

Lubang yang berukuran beberapa milimeter dan berada di sisi bawah knalpot itu mempunyai fungsi yang cukup penting.

Kepala Mekanik Ahass Cahaya Sakti Motor Sragen Joko Purnomo menjelaskan, keberadaan lubang kecil pada knalpot berfungsi sebagai pembuangan air. Sehingga, saat knalpot kemasukan air, maka otomatis air akan keluar melalui lubang kecil tersebut.

“Fungsinya adalah untuk pembuangan air. Jadi jika ada air yang masuk bisa langsung keluar melalui pembuangan tersebut,” ujarnya saat dihubungi KOMPAS.com, Sabtu (28/12/2019).

Maka dari itu, Joko menyampaikan, lubang kecil tersebut jangan sampai tersumbat atau bahkan sengaja ditutup. Kalau hal itu terjadi, maka air yang masuk ke knalpot akan tertahan di dalam.

Dampaknya bisa saja membuat knalpot mudah keropos, karena air tidak bisa keluar.

“Efeknya knalpot bisa rusak keropos, hal ini disebabkan karena air yang masuk tidak bisa keluar melalui lubang kecil yang sudah ada tersebut,” ucapnya.

Joko melanjutkan, jika air yang masuk ke knalpot cukup banyak, maka tidak hanya bisa knalpot saja, tetapi bisa saja masuk ke dalam mesin. Kondisi ini cukup berbahaya, karena bisa merusak mesin.

“Kalau airnya tidak banyak, air bisa langsung keluar. Tetapi, kalau air yang masuk banyak misalkan dikendarai saat menerjang genangan banjir air bisa masuk ke mesin, sehingga bisa merusak,” kata dia.

Maka dari itu, keberadaan lubang kecil itu tetap diperhatikan dan jangan sampai tersumbat atau tertutup. Hal ini untuk mengantisipasi adanya air di dalam knalpot yang bisa membuat keropos.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/29/072200415/jangan-ditutup-ini-fungsi-lubang-kecil-pada-knalpot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke