Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Cas Kendaraan Listrik Malam Hari Lebih Murah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memberikan diskon sebesar 30 persen bagi pemilik kendaraan listrik yang mengecas kendaraannya di malam hari. Ternyata, ada alasan khusus mengapa waktu malam hari yang dipilih.

Tepatnya, waktu yang mendapat potongan harga sebesar 30 persen adalah pada saat pukul 22.00 - 04.00 waktu setempat. Diskon ini berlaku dari Agustus sampai Desember 2019.

Rian Ayu, Pegawai Kantor Distribusi PLN Jakarta, yang ditemui di stan Hari Listrik Nasional ke-74 di JCC Senayan, mengatakan, diskon tarif listrik ini berlaku untuk pelanggan listrik rumah tangga dan bisnis.

"Diskon tarif ini diperuntukkan pagi pelanggan tegangan menengah dan rendah, untuk tarif rumah tangga dengan daya lebih besar dari 1.300 VA dan pelanggan bisnis dengan daya lebih besar dari 6.600 VA," katanya di Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Terpisah, Vice President of Technology Development and Standarization PLN Zainal Arifin, mengatakan, sebetulnya, biaya listrik di pagi hari itu murah. Sebab, bebannya beban 24 jam, jadi produksinya banyak.

"Sehingga, rupiah dibagi produksi kan relatif rendah. Tapi, begitu malam, jam 18.00 sampai jam 22.00, ada pembangkit yang hanya dioperasikan 4-5 jam. Sehingga, biaya Rp/kWh-nya mahal," ujar Zainal di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Zainal menambahkan, begitu sudah pukul 22.00, listriknya turun lagi, Sehingga harganya lebih murah. Maka itu, PLN berani memberikan diskon.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/12/06/094200815/alasan-cas-kendaraan-listrik-malam-hari-lebih-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke