Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Pastikan Hyundai Bangun Pabrik di Indonesia Tahun Depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memastikan industri otomotif asal Korea Selatan Hyundai akan membuka pabrik perakitan mobil di Cikarang, Jawa Barat, pada 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikannya melalui akun instagram resmi Jokowi, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

"Kemarin saya mengunjungi pabrik Hyundai Motor Company (HMC) dan menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman antara pemerintah RI dengan HMC. Raksasa otomotif Korea Selatan ini memang akan membangun pabrik di daerah Cikarang, Jawa Barat, pada Januari 2020," tulis Jokowi.

Adapun nilai investasi untuk perakitan pabrik ini diperkirakan mencapai 1.5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 21,8 triliun (1 dolar AS = Rp 14.094), dengan penyerapan tenaga kerja berjumlah 3.500 jiwa.

Kepastian Hyundai untuk masuk Indonesia sebelumnya diungkapkan oleh Executive Vice Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung, dalam siaran resminya, Selasa (26/11/2019).

Model kendaraan yang diproduksi antara lain SUV kompak, MPV kompak, model sedan, dan direncanakan mobil listirk.

"Pembangunan pabrik manufaktur Hyundai Motor di Indonesia dapat terlaksana berkat kerja sama dan dukungan dari pemerintah Indonesia," ujar dia.

Terkait realisasi investasinya sendiri, HMC akan menyalurkannya dalam dua periode. Dimulai dari Agustus 2019 hingga Desember 2021 untuk pendirian pabrik perakitan mobil dan komponen serta pengembangan model produksi massal.

Serta, Januari 2022 sampai Desember 2030 untuk mendirikan fasilitas produksi kendaraan listrik, pusat riset dan penelitian, dan fasilitas produksi transmisi.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/27/134946815/jokowi-pastikan-hyundai-bangun-pabrik-di-indonesia-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke