Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] ERP Diterapkan di 4 Ruas Jalan Ini | Pamor Rush Bisa Naik Berkat Xpander Cross

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan berbayar alias electronic road pricing (ERP) akan diterapkan empat ruas jalan di DKI Jakarta, Margonda, Depok, Kalimalang, Bekasi, dan Daan Mogor, Tangerang. Aturan tersebut akan diberlakukan pada 2020 dan 2021.

Selain itu, informasi yang tidak kalah menarik soal berita pamor Rush yang diklaim bisa naik berkat kehadiran Mitsubishi Xpander Crossover. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Senin 18 Januari 2019:

1. Catat, Ini 4 Ruas Jalan yang Akan Terapkan Sistem ERP

Pembatasan kendaraan pribadi sampai saat ini dianggap masih menjadi salah satu upaya yang tepat untuk menekan kemacetan lalu lintas.

Setelah menerapkan ganjil genap di pintu-pintu tol penyangga DKI Jakarta, kali ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) kembali melemparkan rencana kebijakan jalan berbayar alias Electronic Road Pricing ( ERP).

Penerapanya direncanakan baru dimulai pada 2020. Sementara untuk ruas jalan yang menjadi incaran adalah, Margonda-Depok, Daan Mogot-Tangerang, dan Jalan Kalimalang-Bekasi.

2. Tren SUV, Konsumen Avanza Banyak Lari ke Model Ini

Segmen low SUV atau crossover memang tengah marak setelah meluncurnya Mitsubishi Xpander Cross. Model ini disebut menggabungkan kenyamanan MPV dan ketanggulan ala SUV.

Sebelumnya sudah cukup banyak model yang bermain di segmen ini. Mulai dari Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V, bahkan Nissan pernah mengeluarkan model Livina X-Gear.

Melihat trennya, peminat SUV memang sedang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini diungkap oleh Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, saat berbincang dengan rekan media, pada Minggu (17/11/2019).

3. Bukti bahwa Toyota Sedang Siapkan Innova Versi Terbaru

Kijang Innova menjadi salah satu model Toyota yang hingga kini belum mendapat penyegaran berarti sejak meluncur pada akhir 2015. Model yang akrab disapa Innova Reborn ini mempunyai kans besar mendapat tampilan baru pada 2020.

Saat dikonfirmasi kepada Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, ia mengaku belum bisa bicara lebih detail mengenai produk baru yang akan muncul tahun depan.

“No comment untuk future product. Saya rasa enggak cuma segmen Innova, tapi semua segmen kami studi sebenarnya,” ujar Anton kepada wartawan di sela-sela acara Toyota Jamboree 2019, Minggu (17/11/2019).

4. Menguji Kenyamanan dan Ketangguhan Yamaha MT-25

Yamaha MT-25 versi 2020 hadir dengan banyak perubahan tampang dan fitur supaya lebih stylish dan sporty. Ubahan bisa dinikmati khususnya pada bagian depan motor.

Beberapa bagian yang berubah pada MT-25 ialah desain headlamp, speedometer digital, serta cover tangki dan shroud-nya yang lebih besar dan gagah.

Meski demikian, dimensi motor tidak berubah banyak yaitu, 2.090 mm x 755 mm x 1.071 mm (panjang x lebar x tinggi). Sementara ukuran tinggi joknya ialah 789 mm, dengan bobot isi 161 kilogram.

5. Harga Xpander Cross Lebih Mahal, Pamor Rush Bisa Naik

Beberapa waktu lalu, Mitsubishi telah meluncurkan sebuah model baru bernama Xpander Cross. Meski dibangun dari basis MPV, model ini disebut punya kelebihan-kelebihan milik SUV.

Dengan kapasitas 7 penumpang dan mesin 1.500 cc, Xpander Cross akan berhadapan langsung dengan Toyota Rush yang sudah lebih dulu bermain di segmen Low MPV.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa kedua model bermain di segmen serupa dan akan saling head to head di pasaran.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/19/060200315/-populer-otomotif-erp-diterapkan-di-4-ruas-jalan-ini-pamor-rush-bisa-naik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke