Salin Artikel

Michelin Siapkan Ban Khusus buat MotoGP Valencia

VALENCIA, KOMPAS.com - Untuk ketiga kalinya dalam musim ini, Michelin akan menyiapkan ban asimetris untuk seri terakhir MotoGP 2019. Ban asimetris ini diberikan karena tata letak dari sirkuit Valencia, Spanyol, yang cukup unik.

Sirkuit Valencia yang memiliki panjang sekitar 4 kilometer ini memiliki 9 tikungan ke kiri dan 5 tikungan ke kanan. Trek yang lebih banyak menghabiskan ban di sebelah kiri tentunya membutuhkan ban yang khusus juga.

Michelin pun menyediakan ban asimetris depan dan belakang dengan tipe soft, medium, dan hard. Mirip dengan yang digunakan di MotoGP Jerman dan MotoGP Australia.

Jadi, bagian kiri menggunakan kompon yang lebih keras dibanding yang sebelah kanan.

Piero Taramasso, Michelin Motorsport Two-Wheel Manager, mengatakan, Valencia adalah trek yang sangat unik dengan tata letaknya. Selain itu, kondisi cuaca juga memberikan tantangan tersendiri.

"Beberapa daerah di Spanyol memiliki cuaca yang cerah, di mana itu ideal untuk balapan di bulan November. Tapi, bisa juga cuacanya sangat dingin di pagi hari," ujar Piero, dilansir dari MotoGP.com.

Piero menambahkan, untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan ban yang bisa mencapai temperatur yang ideal dengan cepat dan bisa bekerja dengan baik saat temperatur trek mulai memanas.

"Bagian kiri tidak pernah memiliki waktu untuk pendinginan. Jadi, ban asimetris ini harus didesain dengan sempurna untuk memenuhi kebutuhan tersebut," kata Piero.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/11/14/173547015/michelin-siapkan-ban-khusus-buat-motogp-valencia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.