Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Pasang Turbocharger di Motor Karburator

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan turbocharger pada mobil sekarang ini sudah banyak yang langsung dari pabrikan. Tapi, bukan berarti untuk sepeda motor tidak bisa menggunakan perangkat penambah daya mesin itu.

Demi menciptakan tenaga lebih pada mesin, bisa dilakukan dengan menambah volume udara dan bahan bakar di silinder. Salah satu caranya adalah dengan mencangkokkan turbo pada sistem bahan bakar.

Salah satu penggunanya adalah Putra Darmagita, builder asal Bali dari bengkel custom GTX Motorsport. Putra mengaplikasikan turbo pada KTM Duke 200 garapannya yang dilombakan di ajang Kustomfest 2019 beberapa waktu lalu.

Putra menjelaskan, ada dua cara dalam memasang turbo pada motor karburator, yakni draw through dan blow through.

"Untuk yang cara pertama, turbo diletakkan setelah karburator. Jadi, turbo akan menghisap bensin dan udara dari karburator. Selanjutnya, baru disalurkan ke intake manifold," ujar Putra, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Untuk cara yang kedua, turbo diletakkan sebelum karburator. Jadi, udara sudah dipampatkan dan ditiupkan ke karburator. Baru setelah itu menuju ke intake manifold," kata Putra.

Putra menambahkan, untuk cara kedua, tidak bisa mengandalkan penyaluran bahan bakar ke karburator dengan gaya gravitasi saja. Menurutnya, harus menambahkan pompa bahan bakar ke karburator.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/30/084200515/begini-cara-pasang-turbocharger-di-motor-karburator

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke