Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Disuntik Subsidi, Harga Esemka Bima Cuma Rp 99 Juta

JAKARTA, KOMPAS.COM - Ketua Umum Komite Nasional Dewan UKM Indonesia Irwan Wijaya HS, mengatakan, pihaknya akan memberikan harga khusus bagi tiap anggotanya yang ingin membeli Esemka Bima garapan PT Solo Manufaktur Kreasi.

Irwan menjelaskan harga khusus yang dimaksud merupakan subsidi yang diberikan UKM untuk memudahkan para anggota, khususnya yang membutuhkan mobil niaga ringan sebagai kendaraan operasional usaha.

"Khusus anggota UKM kita berikan subsidi bagi Esemka Bima untuk kendaraan usaha mereka. Dewan UKM berikan hanya berlaku untuk 2019 ini saja, tahun depan tidak lagi," ucap Irwan saat dihubungi Kompas.com, Rabu (2/10/2019).

Menurut Irwan, bila harga on the road Esemka Bima di luar mencapai Rp 110 juta, maka khusus anggota UKM dapat membelinya dengan banderol sebesar Rp 99 juta. Selain untuk memudahkan, hal ini juga dinilai efektif mendorong penjualan Esemka.

Namun, UKM sendiri konsentrasi produknya hanya untuk varian Esemka Bima 1.2. Hal ini lantaran model tersebut dianggap yang paling pas dengan kebutuhan usaha para anggotanya.

Meski sudah ada iming-iming subsidi, Irwan menjelaskan bila saat ini UKM memang belum mulai mendistribusikan Esemka karena masih beberapa persiapan yang dilakukan, salah satunya mengenai jaringan perawatan.

Selain itu, UKM saat juga masih mencari rekanan karoseri. Hal ini lantaran nantinya beberapa Esenka Bima akan disulap menjadi mobil toko (moko) guna keperluan usaha.

"UKM akan fokus ke model Bina 1.2, tapi untuk unit memang belum ada sampai sekarang karena kami sedang mengejar bengkel perawatan dan lain sebaginya lebih dulu, bila sudah baru kami akan minta untuk dikirim," ujar Irwan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/03/080200615/disuntik-subsidi-harga-esemka-bima-cuma-rp-99-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke