Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sulitnya Menjaga Orisinalitas Mobil Klasik yang Langka

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC) menggelar pameran dan kontes mobil bertajuk Concours d'Elegance.

Bedanya dengan pameran dan kontes lainnya, ajang ini khusus untuk mobil-mobil klasik yang langka dan eksotis.

Contohnya, mobil-mobil buatan Eropa era 1960-an hingga 1980-an yang jumlah produksinya sangat sedikit, dan sekarang populasinya semakin sedikit.

Seperti mobil-mobil yang menjadi peserta di Concours d'Elegance pertama di Indonesia, ada Aston Martin DB5 dan Lamborghini Miura S yang hanya ada satu di Indonesia.

Stanley Atmadja, pencetus Concours d'Elegance, mengatakan bahwa menjaga orisinalitas sebuah mobil klasik bisa dibilang sangat sulit.

"Sebab, harus mengerti mobil tersebut, mulai dari detailnya, seperti garis jok, jahitannya, bentuk setirnya, shifter, pelek, semua itu harus mengerti bagaimana wujud aslinya saat keluar dari pabrik," ujar Stanley, kepada Kompas.com, di sela-sela acara Concours d'Elegance, di Jakarta, Sabtu (21/9/2019).

Stanley menambahkan, tidak ada bagian yang lebih sulit. Menurutnya, semua bagian sama sulitnya, baik itu body part atau interiornya.

"Merek dari komponennya pun harus diperhatikan, jangan sampai komponennya cocok, tapi mereknya dari Jepang, sementara mobilnya dari Eropa. Detail seperti itu yang sangat penting," kata Stanley.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/24/134200415/sulitnya-menjaga-orisinalitas-mobil-klasik-yang-langka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke