Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Lagi, Ban Serep Juga Butuh Perawatan Khusus

Seperti diketahui, setiap mobil dilengkapi dengan ban serep, sayangnya banyak pemilik kendaraan yang masih malas untuk mengecek kondisinya. Padahal peran ban candangan sangat krusial sebagai penggati bila salah satu ban mengalami kendala.

Menurut On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal, walau ban serep jarang digunakan, namun secara perawatan tetap harus dilakukan. Salah satunya seperti mengecekan kondisi dari permukaan karet sampai tekanan udaranya.

"Sama saja dengan ban yang dipakai, jadi harus sering dilihat kondisinya seperti apa. Paling sering orang lupa cek tekanan udaranya, jadi sewaktu-waktu dibutuhkan ternyata ban serep kurang udara, jadi repot sendiri," kata Zulpata beberapa hari lalu kepada Kompas.com.

Lebih lanjut Zulpata mengatakan baiknya untuk ban cadangan diisi dengan nitrogen dibandingkan udara biasa. Hal ini lantaran nitrogen memiliki kandungan oksigen yang lebih rendah dibandinkan udara biasa.

Dengan demikian, bila terjadi penguapan maka ban yang diisi nitrogen akan jauh lebih awet tekanan udaranya dibandingkan udara biasa. Hal ini juga karena molekul lebih besar dibanding udara biasa.

"Karena sifatnya lebih stabil, untuk ban cadangan baiknya pilih pakai nitrogen karena kan lebih banyak disimpan. Ruang penyimpanan ban juga dipastikan kebersihannya, jangan sampai ada cairan yang mungkin bisa merusak permukaan karet, kalau yang berada di kolong jangan lupa sesekali dibersihkan karena pasti lebih kotor," ujar Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/21/104200515/ingat-lagi-ban-serep-juga-butuh-perawatan-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke