Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Tilang Elektronik di Jalan Tol | Xpander Diskon Rp 15 Juta

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik yang menjadi populer pada Kamis 19 September 2019, yaitu seputar penerapan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE) di jalan Tol yang akan diterapkan mulai awal Oktober 2019.

Informasi lain, yaitu soal diskon Mitsubishi Xpander yang sekarang ini sudah tembus Rp 15 juta. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Kamis 19 September 2019.

1. Mobil di Luar Plat B Tetap Kena Tilang Elektronik di Jalan Tol

Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Jasa Marga mulai awal Oktober 2019 akan memberlakukan tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ E-TLE) di jalan tol.

Tahap awal, tilang elektronik itu diberlakukan di ruas jalan bebas hambatan yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Tetapi, target ke depan bisa diterapkan di setiap jalan tol agar tingkat kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

2. Jenis Pelanggaran yang Diproses Tilang Elektronik di Jalan Tol

Penggunaan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE) dalam waktu dekat bakal diperluas hingga ke jalan Tol. Rencananya, aturan ini diberlakukan pada awal Oktober 2019.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir mengatakan, penerapan tilang elektronik di jalan bebas hambatan ini pada dasarnya sama seperti yang sudah dilakukan di beberapa ruas jalan Jakarta sebelumnya.

Hanya saja, jenis pelanggaran yang bakal ditindak sedikit berbeda, di mana kamera akan mendeteksi kecepatan setiap kendaraan yang melintas. Jadi, pengendara tidak boleh lagi memacu mobilnya di atas kecepatan rata-rata atau yang sudah ditentukan.

3. Catat, Bulan Depan Tilang Elektronik Berlaku di Jalan Tol

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan memperluas pemanfaatan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement ( ETLE), Bekerjasama dengan PT Jasa Marga aturan itu bakal diberlakukan di jalan Tol yang masih dalam lingkup hukum Polda Metro Jaya.

Tilang elektronik itu diperluas di jalan bebas hambatan karena belakangan ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang sampai menimbulkan korban jiwa. Rencana, penerapan dilakukan pada 3 Oktober 2019.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir mengungkapkan, melihat fenomena kecelakaan yang belakangan ini kerap terjadi di jalan Tol, perlu adanya terobosan baru. Tujuannya, agar segala potensi kecelakaan bisa ditekan.

4. Melanggar Batas Kecepatan di Jalan Tol Bisa Kena Tilang Elektronik

Aturan mengenai batas kecepatan kendaraan di jalan Tol bakal diperketat. Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya bersama PT Jasa Marga akan menerapkan tilang elektronik alias electronic traffic law enforcement ( ETLE) di sejumlah ruas jalan bebas hambatan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu fokus utama penindakan, yaitu kendaraan yang melanggar batas kecepatan dari yang sudah ditentukan. Selebihnya, tidak menggunakan sabuk keselamatan atau seatbelt, dan mengemudi sambil mengoperasikan ponsel pintar.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengungkapkan, bulan depan rencananya beberapa ruas tol mulai diterapkan aturan tilang elektronik. Langkah ini tentunya dilakukan guna mengurangi potensi kecelakaan di jalan Tol.

5. Mitsubishi Xpander Diumbar Diskon Rp 15 Juta

Santer terdengar kabar jika PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) bakal merilis varian baru Xpander dalam waktu dekat.

Hal ini terungkap lewat beberapa foto di dunia maya yang disinyalir merupakan sebuah Xpander terbaru.

Deputy Group Head of Coordination and Development Office PT MMKSI Intan Vidiasari tak menampik dalam waktu dekat pihaknya bakal menyelenggarakan sebuah acara. Namun tidak diinformasikan isi acara tersebut, apakah acara peluncuran mobil atau acara lain.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/09/20/060200015/-populer-otomotif-tilang-elektronik-di-jalan-tol-xpander-diskon-rp-15-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke