Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harley-Davidson Sekarang Jadi Mainan Anak Muda

JAKARTA, KOMPAS.com - Citra Harley-Davidson yang dahulu merupakan mainan ''om-om'' perlahan mulai beralih ke sepeda motor anak muda. Hal ini tidak lepas dari keputusan prinsipal yang membuka pabrik di Thailand.

Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson Jakarta, mengatakan, saat ini hampir 95 persen konsumen H-D yang ditanganinya ialah konsumen baru, artinya pemilik pertama yang belum punya Harley.

"Dari 95 persen itu banyak justru anak muda. Kenapa, karena pabrik di Thailand itu memproduksi jenis H-D Sportster dan Softail. Sejak diproduksi di sana, harganya jadi turun terutama untuk perpajakannya," kata Sahat kepada Kompas.com, Jumat (2/8/2019).

Sahat memberi contoh, sebelum ada pabrik di Thailand, maka tiga keluarga H-D yaitu Sportster, Softail dan Touring semua didatangkan dari Amerika Sertikat (AS). Sedangkan saat ini hanya tinggal model Touring yang masih impor AS.

"Contoh H-D Fat Boy sebelumnya harganya mencapai Rp 900 juta off the road, tapi semenjak ini (Thailand) harganya jadi Rp 645 off the road. Jadi beda harganya jauh karena ada perpajakan juga," kata Sahat.

H-D Touring

Karena impor dari AS, Sahat mengatakan harga H-D model Touring masih mahal. Karena itu, selain sosoknya yang besar dan tangguh, model flagship seperti ini lebih disukai oleh pemain lama atau yang sudah punya H-D.

"Untuk model Touring, beberapa tipe masih menyentuh Rp 1 miliar atau lebih. Karena itu, untuk teman-teman saya yang sudah punya H-D juga masih menunggu kapan model Touring juga diproduksi di Thailand," kata Sahat.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/08/02/190200415/harley-davidson-sekarang-jadi-mainan-anak-muda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke