Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memilih Jok Motor, Sepele tapi Penting dan Aman

JAKARTA, KOMPAS.com - Jok sepeda motor merupakan aspek penting yang menjadi penunjang kenyamanan saat berkendara, terlebih bila motor digunakan sehari-hari. Sehingga penting untuk memperhatikan kualitas komponen tersebut.

Bila jok motor tidak nyaman, maka pengendara akan lebih cepat merasakan pegal dan panas ketika berkendara. Pengendalian pun jadi berkurang yang disebabkan dari selip atau permukaan jok licin.

"Saat ini ragam jok motor sudah banyak di pasaran dengan harga yang variatif. Supaya tidak salah pilih, usahakan memilih jok yang busanya bagus, tidak kempes saat ditekan. Lalu baiknya permukaan jok itu sedikit kasar di tangan," kata Yansen Z Simarmata dari Accura Synthetic Leather saat ditemui Kompas.com di Pasar Jongkok Otomotif (Parjo) 2019, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (7/7/2019).

Permukaan jok yang kasar itu menandakan bahwa pembuatan jok dilakukan secara emboss, bukan printing. Sehingga permukaan menjadi sedikit timbul dan mengurangi efek selip (licin) ketika digunakan.

Baca Juga : Banyak yang Keliru, Ternyata Begini Cara Cuci Jok Motor

Selanjutnya, Yansen juga menyatakan bahwa dalam memilih jok motor yang berkualitas sebisa mungkin hindari produk yang dibuat menggunakan bahan dari jok mobil.

"Bahan jok mobil itu berbeda dengan jok motor, dimana tidak kuat dengan paparan panas matahari secara terus-menerus. Biasanya, jok seperti ini lebih licin, cepat panas saat digunakan, serta durabitiltas yang cenderung lebih pendek," kata dia.

Pada kesempatan berbeda, bengkel spesialis interior dan cover jok mobil dari Vertue Concept, Edy menanggapi hal tersebut. Menurutnya, bahan kulit untuk jok mobil masih bisa digunakan di motor, hanya saja memang ada perbedaan rasa ketika digunakan.

"Jok motor itu ada spesifikasi khusus untuk anti slip atau anti licin dan ketahanan pada suhu tertentu, sisanya sama saja dengan jok mobil. Namun menggunakan bahan jok mobil untuk motor boleh saja, karena kelebihan dari jok mobil itu lebih fleksibel dan pilihan bahannya lebih banyak," kata Edy.

Selain itu, harga dari jok motor yang menggunakan bahan dari jok mobil cenderung lebih ekonomis. Di pasaran, banderolnya dimulai dari Rp 50 ribu sampai ratusan ribu. Sedangkan jok khusus motor dihargai mulai dari Rp 120 ribuan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/07/08/162100515/memilih-jok-motor-sepele-tapi-penting-dan-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke