Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rossi Tes Rem Baru Yamaha di Catalunya

CATALUNYA, KOMPAS.com - Usai GP Catalunya, tim pabrikan Yamaha langsung menjalani tes keesokan harinya. Valentino Rossi yang kena sial saat balapan, mencoba fitur baru, yaitu "rem ibu jari" dan "rem skuter."

Keduanya berfungsi untuk pengereman belakang. Rem ibu jari dijalankan dengan cara ditekan sedangkan rem skuter sama seperti rem pada skutik. Tuas rem skutik tersebut berada di bawah tuas kopling di bagian kiri setang. 

Baik rem ibu jari ataupun rem skuter sengaja dibuat untuk membantu pengereman saat pebalap berada di tengah tikungan. Diklaim membantu pebalap saat menghadapi tikungan-tikungan panjang yang mana jika ingin mengerem pakai kaki sedikit sulit.

"Saya menguji rem ibu jari dan saya juga menguji 'rem skuter.' Ini menarik, tidak terlalu buruk. Anda hanya menggunakan kopling di awal sekarang," kata Rossi melansir Crash.net, Rabu (18/6/2019).

"Masalahnya adalah ruang, karena ada tuas kopling di atas dan tuas rem di bawahnya, jadi itu tidak mudah. Rem ibu jari sedikit lebih mudah. Mungkin ini bisa menjadi masa depan, karena jika kamu memiliki semua rem di jarimu, itu dapat membantu," katanya.

Rem ibu jari dan rem skuter yang dicoba Rossi sebetulnya bukan hal baru di MotoGP. Tapi belakangan ini makin penting melihat persaingan di MotoGP makin sengit, apalagi Rossi pernah berujar Yamaha lemah di tikungan.

https://otomotif.kompas.com/read/2019/06/19/152200115/rossi-tes-rem-baru-yamaha-di-catalunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke