Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kaleidoskop 2018 : Ragam Pilihan Mobil Baru Tahun Ini

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beragam  produk otomotif di 2018 telah dihadirkan produsen untuk masyarakat Indonesia. Kompas.com coba kumpulkan dari masing-masing ATPM apa saja yang cukup menarik perhatian di tahun ini.

Dari merek Toyota, tahun ini beberapa kali memperkenalkan produk tanpa seremoni. Di antaranya ada pembaruan dari MPV Alphard dan Vellfire, serta sedan New Vios dan New Yaris di awal tahun.

Vios terbaru hadir dengan desain dan fitur keamanan yang semakin lengkap. Sedan ini dibanderol mulai Rp 291 jutaan dan hadir dalam empat varian.

Hatchback Yaris juga mendapatkan pembaruan pada sisi desain eksterior dan fitur. Mobil yang masih mengusung mesin 2NR-FE 1.5 L ini dilabeli harga mulai Rp 235 juta-an dengan pilihan tiga varian.

Perkenalan model yang benar-benar baru adalah Toyota CH-R. SUV berdesain modern ini dibekali dengan mesin 1.8L bertenaga 141 ps/6400 rpm dan torsi 17,4 kgm/4000 rpm. Model ini dibanderol harga Rp 488 juta-an.

Dari merek Honda, tahun ini tidak terlalu banyak menghadirkan pembaruan. Satu model yang menjadi sorotan utama adalah All New Brio.

City car ini hadir dengan desain baru terutama di bagian belakang. Sudah tidak ditemukan pintu kaca pada model terdahulu dan diklaim memiliki fitur keamanan yang lebih lengkap.

Diperkenalkan pada Agustus lalu, Brio baru ini langsung menjadi andalan Honda di pasar otomotif Tanah Air. Terbukti pada November, Brio terbaru terjual 8.152 unit dengan Brio Satya sebanyak 6.398 unit. Model ini ditawarkan mulai Rp 139 jutaan.

Merek lain yang menarik perhatian tahun ini adalah Suzuki. Kehadiran All New Ertiga menjadi jawaban Suzuki untuk pasar MPV di Tanah Air.

MPV yang dibanderol mulai Rp 193 jutaan ini ditawarkan dalam tujuh varian. Ertiga terbaru ini menggunakan mesin baru, sasis baru dan penambahan ukuran kabin yang lebih lapang.

Nissan yang belakangan jarang terdengar sepak terjangnya, datang di pertengahan tahun dengan Terra. SUV ini langsung berhadapan dengan Pajero Sport dan Fortuner untuk mencoba peruntungan di segmen tersebut.

Terra dibanderol harga mulai Rp 464 juta-an. Model yang ditawarkan mulai 4x2 dan yang tertinggi 4x4. Terakhir, SUV ini dinobatkan lima bintang dalam uji tabrak keselamatan ASEAN NCAP.

Merek lain yang memperkenalkan produk baru adalah BMW Mini. Kali ini yang menjadi perhatian adalah Mini Countryman karena sudah diproduksi secara CKD di Sunter. 

Model ini hadir dengan tambahan fitur-fitur keamanan baru dengan banderol harga mulai Rp 599 juta. Mini Countryman menambah portfolio model BMW Mini yang diproduksi secara lokal seperti Seri X1, Seri 3 dan Seri 5.

Dari merek Korea, Hyundai datang dengan Santa Fe terbaru yang dikenalkan pada Agustus lalu. SUV yang dibanderol Rp 499 jutaan ini hadir dengan desain modern dan fitur keamanan lengkap serta langsung menjadi jagoan Hyundai di segmen SUV. 

Produsen Wuling juga awal tahun memperkenalkan MPV Cortez. Produk ini dibanderol mulai Rp 218 juta hingga Rp 264 juta mengusung mesin 1.8 L DOHC dengan tenaga 129 tk dan torsi 174 Nm dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis AMT 5 percepatan.

DFSK juga memperkenalkan produknya SUV Glory 580. SUV ini dibanderol mulai Rp 245 juta-an sampai Rp 308 juta-an dengan pilihan transmisi manual dan CVT. Menariknya DFSK menawarkan garansi selama tujuh tahun kepada konsumennya.

Selain merek-merek di atas, masih ada Mazda, Mercedes-Benz, VW serta Audi yang juga menawarkan produk barunya di 2018. Manakah yang menurut Anda paling menarik?

https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/13/174200915/kaleidoskop-2018---ragam-pilihan-mobil-baru-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke