Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ribetnya Persiapan Sebelum Touring, tapi Wajib Diperhatikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan yang sering dilakukan oleh para biker atau komunitas sepeda motor, yaitu melakukan touring. Namun, sebelum dimulai banyak yang harus dipersiapkan, mulai tempat tujuan, hingga kelengkapan selama berkendara.

Pastikan kelengkapan berkendara masing-masing biker, baik itu yang membawa motor atau dibonceng sudah lengkap. Hal tersebut demi keamanan dan kenyamanan bersama.

PT Astra Honda Motor (AHM) melalui main dealer PT Daya Adicipta Motora (DAM), yang mengkampanyekan program keselamatan berkendara (#Cari_Aman), memberikan tips kepada para biker yang akan melakukan touring.

Berikut hal yang perlu disiapkan sebelum mulai touring:

- Jaket

Tidak semua jaket bisa dipakai untuk touring, sehingga diperlukan yang tebal dan bisa menutupi tubuh serta menutupi bagian leher, pergelangan tangan, pinggul dan dilengkapi dengan sistem protector atau pelindung.

“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Asep Wawan, Instruktur Safety Riding DAM.

- Helm

Helm juga menjadi salah satu perangkat safety yang wajib digunakan oleh biker. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang helm half face dan full face, dan sesuaikan ukuran helm dengan kepala pengendara.

"Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengendaranya akan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” ujar Asep.

Bagian helm yang tidak kalah penting adalah tali pengikat helm beserta pengancingnya, jika berkendara pastikan tali helm telah terkunci dengan sempurna.

- Pakaian Ganti dan Alas Kaki

Tentunya aktifitas touring merupakan kegiatan yang menempuh jarak jauh, untuk itu perlu mempersiapkan pakaian ganti selama touring berjalan. Selain itu, perlu mempersiapkan alas kaki yang sesuai.

“Disarankan pada saat perjalanan touring, gunakanlah sepatu touring yang terbuat dari bahan kuat dan tahan air dan tentunya nyaman digunakan,” kata Asep.

Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

- Jas Hujan

Saat ini cuaca di sejumlah kota memang sedang memasuki musim hujan dan untuk kenyamanan saat berkendara, perlu mempersiapkan jas hujan yang berwarna terang karena pada saat hujan jarak pandang akan berkurang.

Namun jika hujan yang turun cukup deras maka disarankan untuk berhenti menunggu hujan mulai reda karena jika hujan deras dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kondisi jalan yang licin, kondisi pengereman yang tidak optimal atau pohon tumbang yang membahayakan sobat semua.

- Obat-obatan dan P3K

Hal lain yang wajib diperhatikan, yaitu obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor.

Sebab selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tidak terduga untuk itu perlu dipersiapkan kebutuhan obat khususnya bagi biker yang memiliki obat khusus pribadi yang sangat penting untuk dibawa.

- Kondisi Motor

Sepeda motor pun perlu dipersiapkan mulai dari kondisi ban, rem, sistem kemudi dan juga mesin tentunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

Sebab faktor keselamatan adalah yang paling utama. “Cek kondisi motor secara menyeluruh dan jika perlu bawalah ke bengkel resmi Honda atau AHASS secara berkala sesuai dengan jadwal servis berdasarkan jarak tempuh atau waktunya,” kata Asep.
 
- Kondisi Fisik Prima

Jika motor sudah siap, maka yang selanjutnya adalah perlu mempersiapkan kondisi fisik pengendara. Jaga kondisi sebelum touring, istirahat yang cukup, hindari bergadang karena akan memerlukan fokus yang ekstra selama touring.

Beristirahatlah jika sudah merasa lelah selama touring untuk menghindari kecelakaan diakibatkan kondisi fisik yang lelah atau mengantuk.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/12/02/160200615/ribetnya-persiapan-sebelum-touring-tapi-wajib-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke