Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Kebocoran "Sokbreker" Motor Sejak Dini

Perlu diketahui, dalam satu bagian sok terdiri dari komponen rawan, contohnya seperti sil oil atau sering juga disebut sil sok.

Sayangnya, banyak pemilik motor yang kurang jeli untuk memperhatikan kondisinya, terutama pada sektor depan yang kerap kali berujung pada kebocoran oli.

Menurut Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center Rangga Noviar, kebanyakan kebocoran sil dikarenakan faktor eksternal. Contohnya seperti terkena debu dan lain sebagainya.

Baca : Ragam Sokbreker Bekas untuk Sepeda Motor

"Paling sering karena debu, jadi yang harus diperhatikan adalah soal penutupnya. Pada selongsong antara besi sok dengan tabung, biasanya terdapat karet yang letaknya di luar, fungsi karet itu sebenarnya sebagai penutup agar debu tidak masuk ke dalam sil dalam," kata Rangga saat dihubungi Kompas.com, Senin (30/7/2018).

Rangga menjelaskan meski tidak ada aturan khusus mengenai masa pergantian karet penutup tersebut, namun kebanyakan pemilik motor jarang yang melihat kondisinya, apakah masih bagus atau bahkan sudah hilang.

Karena itu pemilik motor untuk sesekali melihat kondisinya, terlebih bila motor sudah digunakan dalam waktu satu tahun atau sering melintas di medan bergelombang.

"Sampai saat ini belum ada aturan mengenai masa pergantian, termasuk juga untuk oli sok, jadi paling tidak sering dilihat kondisinya saja sudah cukup. Bila terlihat sudah getas bisa segera di ganti," kata Rangga.

Sementara itu, Reza selaku salah satu mekanik Dharman Motor di Kawasan Cipinang, menjelaskan sebenarnya karet penutup sil mudah sekali getas dan rusak, terlebih bila sering kena diterjen saat mencucinya.

"Kebanyakan tidak sadar, kalau habis cuci motor jarang dibasuh sampai bersih biasanya ada diterjen di atasnya, itu kalau dibiarkan bisa merusak. Apalagi bagi kendaraan yang kerap dijemur, bisa bikin umur tutup sil gampang getas dan terjadi kebocoran karena dimasuki debu," ucap Reza beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/07/30/182400615/-cegah-kebocoran-sokbreker-motor-sejak-dini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke