Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aspal Baru Sirkuit Silverstone, Percepat Laju Motor 1,5 Detik

Silverstone, KOMPAS.com – Pengelola Sirkuit Silverstone di Inggris pada Februari 2018 lalu, baru saja melakukan resurfacing atau pelapisan ulang aspal dengan yang baru. Proyek itu dilakukan meski suhu dalam kondisi sangat dingin.

Cal Crutchlow dari tim LCR Honda, menjadi pebalap MotoGP pertama yang mencoba permukaan baru tersebut. Dirinya melakukan beberapa lap dengan menunggangi Honda RC213V-S, atau versi jalan dari prototipe RC213V miliknya.

Pria berkebangsaan Inggris itu mengatakan, aspal Silverstone yang baru bakal mengurangi waktu putaran sampai 1,5 detik. Balapan MotoGP sendiri akan berlangsung di sirkuit tersebut pada akhir Agustus 2018.

"Ini menjadi momen yang istimewa untuk berada di Silverstone, untuk melihat dan menjajal trek yang baru saja mengalami pelapisan ulang," kata Crutchlow Crash.net, Selasa (15/5/2018).

"Pihak Silverstone telah mendengarkan kami suara pebalap dan mengganti seluruh aspal sirkuit. Saya benar-benar terkejut dengan konsistensi, dan tingkat grip aspal di seluruh lap benar-benar mengesankan. Perubahan yang dilakukan sangat bagus,” ucap Crutchlow.

Crutchlow menyebutkan, sebelum pelapisan ulang ada banyak tonjolan dan itu menyulitkan untuk memacu motor dengan cepat. Sekarang, konsistensinya luar biasa dan itu pasti akan berdampak pada catatan putaran.

"Jika saya melakukan perkiraan terhadap dampak pada lap time, kemungkinan besar bisa sampai 1,5 detik lebih cepat dari sebelumnya, Itu adalah catatan waktu yang sangat signifikan di tingkat MotoGP,” tutur Crutchlow.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/16/084200515/aspal-baru-sirkuit-silverstone-percepat-laju-motor-1-5-detik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke