Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Cara buat Perkecil Kemungkinan Motor Dicuri Saat Parkir

Bogor, KOMPAS.com - Memasang perangkat pengaman tambahan cukup banyak dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Tujuannya tentu saja mencegah kendaraannya tersebut dicuri.

Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan motor dicuri. Ditemui Kompas.com, Jumat (26/1/2018), Kepala Bengkel Resmi AHASS PT Murni Motor Bogor Haryanto membeberkan cara-cara tersebut:

1. Kunci Setang ke Kanan

Posisi kunci setang ke kanan dinilai lebih aman meminimalisir pencurian. Sebab dianggap bisa menyulitkan maling untuk beraksi.

Pengecualian untuk motor sport, posisi setang motor ke kanan membuatnya menjadi sedikit menutup lubang kunci. Sehingga cukup menyulitkan untuk memasukan kunci T.

Menurut Haryanto, posisi setang ke kanan lebih membuat maling menghabiskan waktu yang lebih banyak untuk membobol kunci motor. Berbeda halnya jika posisi setang dikunci ke kiri. Di posisi ini, lubang kunci tidak tertutup oleh setang. Sehingga waktu untuk membobol lubang kunci relatif lebih cepat.

2. Copot CDI

CDI adalah kepanjangan dari capacitor discharge ignition. Ini adalah alat yang berfungsi untuk menjalankan proses pengapian pada motor dengan sistem karburator.

Pada motor-motor skuter matik yang masih mengadopsi sistem karburator, letak CDI biasanya mudah dijangkau. Biasanya dipasang di bawah bagasi. Contohnya Honda Beat.

Menurut Haryanto, CDI sangat mudah dilepas dan dipasang kembali. Tanpa CDI, mesin motor dipastikan tidak akan bisa menyala. Kondisi ini dinilai bisa membuat maling berpikir dua kali untuk menggondol motor incarannya.

Jika sudah dilepas, Haryanto menyarankan pemilik motor agar membawa CDI saat akan meninggalkan motornya di parkiran. Ukuran CDI yang relatif kecil dianggap tidak akan merepotkan untuk dimasukan ke tas atau bahkan ke kantong celana.

3. Parkir di posisi terdalam

Haryanto menilai memarkirkan motor di posisi terdalam area parkir bisa menyulitkan maling. Karena saat terhalang motor lain, maling pasti akan berpikir dua kali untuk mengambil motor incarannya.

"Jadi kalau mau parkir, cari yang tempatnya ngumpet," ucap Haryanto.

Tanggapan Polisi

Meski ada cara untuk mencegah pencurian tanpa memasang perangkat pengaman tambahan, Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus Rahmanto menilai pemasangan perangkat tersebut tetap penting. Karena itu, Antonius mengimbau pemilik motor agar tetap menggunakannya. Tujuannya tentu saja untuk makin mempersulit kerja maling.

Salah satu perangkat pengaman tambahan yang dinilai bisa mencegah motor dimaling adalah gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang pada motor selain matik.

"Yang pasti kunci ganda lebih dianjurkan karena sudah terbukti mencegah pencurian," kata Antonius kepada Kompas.com, MInggu (28/1/2018).

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/29/082500715/ragam-cara-buat-perkecil-kemungkinan-motor-dicuri-saat-parkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke