Salin Artikel

Cerita Pemilik “Chopper” yang Motornya Dibeli Presiden

Jakarta, KOMPAS.com — Setelah cerita soal Land Rover jadul yang direstorasi untuk dikendarai Presiden Joko Widodo ketika meresmikan Tol Becakayu, kali ini orang nomor satu di Indonesia ini dikabarkan membeli motor modifikasi bergaya Chopper.

Sepeda motor tersebut sebenarnya milik rumah modifikasi Elders Garage yang berdomisili di Lebak Bulus. Adrianka, salah satu punggawa Elders, mengaku kaget ketika Presiden ternyata berminat dengan sepeda motor mereka tersebut.

Adrian bercerita, awal dari pertemuan motor modifkasi Elders dengan Presiden yakni ketika perayaan Hari Sumpah Pemuda di Istana Bogor pada 28 Oktober 2017 lalu. Pada saat itu, Presiden menjajal sepeda motor modifikasi yang lain, dan bukan yang dibelinya saat ini.

“Setelah pertemuan itu dan beberapa hari setelahnya, Staf Kepresidenan kemudian menelepon rekan saya, Heret. Mereka kemudian melakukan negoisasi dan akhirnya sepakat sepeda motor itu dijual ke Presiden,” ujar pria yang akrab disapa Anka kepada KompasOtomotif, Jumat (19/1/2017).

Namun, soal harganya berapa, Anka tak mau angkanya dipublikasikan karena ada beberapa pihak yang mungkin tidak berkenan. Saat ini motor modifikasi Chopper masih di-finishing dan baru akan dikirim ke Presiden esok hari, Sabtu (20/1/2017).

Bahannya berasal dari motor merek India berdarah Inggris, Royal Enfield Bullet 350, yang dibeli dengan harga sekitar Rp 60 juta. Kemudian dipasangkan dengan rangka Chopperland hasil kolaborasi Elders Garage dengan Kickass Choppers. Proses pembuatannya tidak memakan waktu lama, hanya sebulan. 

Mesin Bullet punya 1 silinder dengan busi ganda berkapasitas sebenarnya 346cc. Tenaga bawaan pabrik 19,8 tk dengan torsi 28 Nm, semua kemampuannya disalurkan transmisi 5-percepatan.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/19/182939615/cerita-pemilik-chopper-yang-motornya-dibeli-presiden

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.