Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Penyebab Getar pada Vespa Non I-Get

Jakarta, Kompas.com - Vespa-vespa modern yang beredar pada kurun waktu sekitar 2011 hingga 2015 memiliki penyakit getar saat dibawa pelan. Ini adalah Vespa-vespa modern sebelum adanya teknologi mesin Italian Green Experience Technology (I-Get). Getaran biasanya sangat terasa saat motor berada di lalu lintas macet.

Techinical Training Manager dari Piaggio Indonesia Yudi Riswanto menjelaskan, penyakit getar timbul karena kemampuan angkat dari kopling yang terhambat saat putaran mesin di RPM rendah. Pada Vespa-vespa modern non I-Get biasanya proses buka kopling sudah terjadi di putaran mesin 2.200 RPM.

Saat harus berada di putaran rendah, daya putar mesin belum cukup membuat kopling sentrifugal mengembang. Sehingga daya tarik per pada kopling masih lebih kuat dari gaya sentrifugal. Kondisi ini yang membuat kopling sentrifugal tidak menyentuh rumah kopling sehingga roda belakang belum berputar dengan sempurna.

"Efek getarnya itu karena koplingnya itu nempel enggak nempel enggak. Karena putarannya banyak jadi terasa getar. Karena ketika sudah dibuka, tapi belum kuat untuk memutar roda," kata Yudi kepada KompasOtomotif, Senin (8/1/2018).

Menurut Yudi, masalah tersebut tidak terjadi pada Vespa-vespa modern yang sudah menerapkan teknologi mesin I-Get. Karena pada Vespa I-Get, proses buka kopling baru terjadi di putaran mesin di atas 2.200 RPM.

I-get diketahui merupakan teknologi yang diperkenalkan pada Vespa-vespa modern yang mulai dipasarkan pada 2016. Menurut Yudhi, mesin Vespa I-Get memiliki desain rumah kopling dan cover CVT yang berbeda. Perbedaan ini pula yang turut berpengaruh ke cara kerja kopling.

"Kalau di yang lama di RPM 2200 sudah membuka koplingnya. Kalau di I-Get lebih tinggi. Karena membuka RPM-nya lebih tinggi, jadi lebih lembut," ucap Yudi.

Untuk mengatasinya, Yudi menyarankan pemilik untuk mengganti satu set kampas kopling.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/01/09/100200615/kenali-penyebab-getar-pada-vespa-non-i-get

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke