Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Listrik Tesla Enggak Bisa “Ngecas” di SPLU

Jakarta, KompasOtomotif — Mobil listrik asal produsen Amerika Serikat  Tesla sudah dijual oleh beberapa importir umum di Indonesia. Hal itu salah satunya oleh Prestige Image Motor Cars di Pluit, Jakarta Utara, yang menjual model S dan model X.

Konsumen yang membeli mobil listrik itu akan dibekali tempat pengecasan baterai. Mengisi daya itu bisa dilakukan di rumah atau di luar negeri tersedia di tempat umum.

Sebenarnya, di Tanah Air, Perusahaan Listrik Negara (PLN), contoh PLN Disjaya (Distribusi Jakrta Raya) telah menyimpan stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di berbagai wilayah di Ibu Kota.

Namun, menurut Presiden Direktur Prestige Image Motor Cars Rudy Salim, Tesla tidak bisa melakukan pengisian daya baterai di SPLU seperti itu.

“Kalau di SPLU, Tesla kalau menggunakan tempat cas biasa membutuhkan waktu beberapa jam. Kalau dicas di tempat itu jelas berbahaya apabila ditinggalkan pemiliknya,” kata Rudy belum lama ini di Pluit, Jakarta Barat.

Rudy menjelaskan, lagi pula SPLU itu bukan tempat pengisian listrik, melainkan hanya colokan listrik biasa. “Jangan memberikan pesan yang salah, nanti konsumen ketika ingin pakai, ternyata tidak bisa bagaimana,” ujar Rudy.

Bukan hanya itu, Rudy juga mengomentari soal PLN yang sedang membuat fast charging untuk kendaraan listrik. Menurut dia, apabila bisa terwujud, hal itu jelas menguntungkan buat pengguna mobil listrik seperti Tesla.

“Semoga saja, jangan seperti SPLU karena itu benar-benar tidak bisa. Mungkin kalau pakai fast charging baru bisa karena lebih cepat mengisi daya baterainya,” ucap Rudy.

https://otomotif.kompas.com/read/2017/12/20/072200115/mobil-listrik-tesla-enggak-bisa-ngecas-di-splu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke