Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Honda Capai 1 Juta unit di "Kandang" Piaggio

Kompas.com - 12/05/2017, 18:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Abruzzo, KompasOtomotif – Banyak yang berpikir kalau kisah negeri Italia punya korelasi kuat dengan dua merek skuter, Vespa dan Piaggio. Namun, cerita baru kali ini datang dari merek Jepang, Honda, yang baru saja berhasil mencapai angka produksi 1 juta unit skuter di Italia.

Mengutip Autoevolution, Jumat (12/5/2017) skutik tersebut yaitu dari keluarga SH, yang diproduksi di pabrik Honda Attessa. Model ini juga berhasil meraih status sebagai skuter dengan penjualan terbaik di 2016, sebanyak 17.000 unit.

Cerita SH dimulai pada 1984, dengan model SH50 yang diproduksi di Belgia. Industri generasi kedua SH50 dan SH100 berlanjut kemudian di Atessa pada tahun 1996, yang sudah dibangun di wilayah Abruzzo Italia pada tahun 1971.

Pabrik manufaktur utama Honda di Eropa tersebut, sampai saat ini tetap menjadi rumah produksi SH, dan berlanjut membuat tiga model yang ada, seperti  SH300, SH150, dan SH125.

The SH50 asli adalah mesin 49 cc berpendingin udara dua tak satu silinder moped tunggal, yang ditata agar terlihat seperti skuter.  Model tersebut juga dilengkapi dengan transmisi otomatis continuously variable, bersamaan dengan electric and kick starter, automatic choke dan kapasitor discharge electronic ignition.

Pada masa-masa awal, SH ini menyerupai jajaran model Honda, C50, 70, dan 90 Super Cub, yang memiliki desain yang sama, jok ganda dan lantai tipe skuter.

Model SH juga baru saja masuk ke Indonesia dengan mesin 150cc, di mana menyasar segmen skutik premium, menemani Honda PCX. Pengenalan pertama SH150i, dilakukan pada akhir 2016 pada ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS) 2016, dan mulai dijual pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Harganya di Indonesia mencapai Rp 44,9 juta OTR Jakarta, dengan tiga pilihan warna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com