Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Tangan Eurokars, Mazda2 Tembus Rp 300 Juta

Kompas.com - 22/03/2017, 17:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika kendali penjualan dan pelayanan Mazda di Indonesia berpindah tangan dari PT Mazda Motor Indonesia (MMI) ke PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), sudah pasti ada sejumlah kebijakan yang berubah, termasuk pricing alias penentuan harga jual. Indikasinya, semua model naik harga cukup tinggi.

KompasOtomotif mendapat informasi harga baru Mazda di Indonesia dari salah satu diler di Jakarta. Mazda2 yang masuk kategori hathcback, tembus Rp 300 jutaan. Langkah yang cukup berani dari EMI, mengingat, di segmen ini, tidak ada kompetitor yang berani jual di atas Rp 280 juta.

Harga lengkap Mazda2 yang baru adalah, tipe R A/T Rp 277 jutaan, lalu R A/T warna Soul Red Rp 280 jutaan. Sementara tipe GT A/T masuk di level Rp 313 jutaan, dan GT A/T Soul Red Rp 316 jutaan. Tidak ada tipe lagi tipe V yang dulu menjadi varian terbawah.

Bandingkan dengan harga November 2016, ketika masih dipasarkan MMI. Mazda2 masih berada di batas harga termurah Rp 234 jutaan dan termahal tipe GT A/T Rp 294 jutaan. Naik harga karena kenaikan BBN baru pun seharusnya tak sampai selisih Rp 20 jutaan (tipe tertinggi).

Tengok juga kompetitor di kelasnya, yakni si pemimpin pasar All New Honda Jazz yang berada di range harga Rp 231 jutaan (tipe S) hingga Rp 269 jutaan untuk tipe RS CVT edisi spesial. Lalu lihat juga Toyota All New Yaris yang berada di rentang Rp 230 jutaan (tipe E) sampai Rp 272 jutaan TRD S CVT.

KompasOtomotif berusaha mengonfirmasi kenaikan harga cukup drastis ini ke EMI, namun Marketing, Sales, and Public Relation Director mereka, Ricky Thio, sampai berita ini diturunkan belum menjawab telepon dan membalas pesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com