Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diesel Ertiga Jadi Batu Loncatan Suzuki di Indonesia

Kompas.com - 09/02/2017, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ertiga Diesel berteknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) resmi meluncur di Tanah Air dengan harga Rp 219,5 juta. Dibandingkan dengan mobil penumpang diesel lain, Ertiga jadi yang termurah.

Selain untuk memberikan sesuatu yang berbeda di segmen MPV "sejuta umat", ternyata langkah ini juga menjadi bagian strategi Suzuki Indomobil Sales (SIS) guna mendatangkan produk-produk mesin diesel lainnya.

"Suzuki punya banyak produk bermesin diesel selain Ertiga. Bisa dibilang Ertiga Diesel Hybrid ini merupakan pilot project kami untuk meluncurkan produk-produk mesin diesel lainnya," kata Head of Brand Development and Marketing Research 4W PT SIS Harold Donnel kepada KompasOtomotif di sela-sela media test drive di Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/2/2017).

Seperti diketahui, di India Suzuki punya line-up mesin diesel cukup banyak. Bahakan Ignis yang menjadi mini crossover terbaru Suzuki juga tersedia dalam pilihan mesin diesel yang sama dengan Ertiga, yakni 1.300 DDIS.

Stanly/KompasOtomotif Mesin diesel 1.300 cc Suzuki Ertiga Hybrid

Lalu apakah nanti saat diluncurkan di Indonesia Ignis juga akan dibekali mesin diesel. Menjawah hal ini Harold mengatakan belum bisa dipastikan karena melihat pasarnya lebih dulu.

"Memang menarik sekali Ignis dengan mesin diesel, tapi untuk saat ini kita masih study dulu. Kita lihat respons dari Ertiga ini, apakah baik dan berpotensi atau sebaliknya. Bila nanti ternyata tidak bagus, mau tidak mau kita harus cut potensi diesel Suzuki di Indonesia, tapi kalau bagus tidak menutup kemungkinan unit diesel lain juga kami bawa ke Indonesia," kata Harold.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com