Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vios Baru Dijual Lebih Murah di Malaysia

Kompas.com - 04/10/2016, 17:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Setelah spyshot beredar dan unitnya sudah bisa dijumpai di diler, kini Toyota di Malaysia resmi meluncurkan versi terbaru generasi ketiga Vios, Selasa (4/10/2016). Sama seperti di Thailand, Vios sekarang menggunakan mesin baru dari keluarga NR yang sudah dipakai Sienta.

Mesin itu 2NR-FE berkapasitas 1.5L menggantikan unit lama 1NZ-FE 1.5L. Mesin baru berbahan alumunium ini menggunakan teknologi dua bukaan katup elektronik, Dual VVT-i, yang diikuti pemakaian busi iridium buat memaksimalkan pembakaran.

Walau lebih canggih ternyata performa mesin baru di bawah mesin lama. Vios terbaru menghasilkan tenaga 107 PS dan torsi 140 Nm, sebelumnya 109 PS dan 141 Nm.

Ada dua pilihan pengatur rasio tenaga, Continously variable transmission (CVT) menggantikan transmisi otomatis lama 4-percepatan dan manual 5-percepatan seperti terdahulu. Pada CVT, tangan pengemudi bisa mengatur 7-percepatan Sport Sequential Shiftmatic dalam mode manual.

Paket sistem gerak baru pada Vios diklaim Toyota bikin irit 18 persen ketimbang model lama.

Perlengkapan pada bodi tidak begitu banyak berubah seperti model lama. Lampu depan halogen, LED daytime running light, talang air, pelek 15 inci, merupakan fitur standar. Di kabin, Vios punya keyless entry, push start button, headunit 2-DIN dengan konektivitas bluetooth, empat speaker, dan lampu iluminasi di bagian bawah.

Perhatian khusus pada fitur keselamatan, Toyota menambah Vehicle Stability Control (VSC) dan kontrol traksi pada semua varian. Dua fitur itu menemani fitur lainnya, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), Isofix, dan dua kantong udara depan sebagai perlengkapan standar.

Toyota menjual Vios dalam enam varian, yaitu 1.5J manual, 1.5J CVT, 1.5E CVT, 1.5G CVT, 1.5GX CVT, dan 1.5 TRD Sportivo CVT. Paling murah harganya 76.500 ringgit (Rp 240,6 juta) hingga 96.400 ringgit (Rp 303,2 juta).

Paultan.org menjelaskan rentang harga ini lebih murah 1.480 ringgit (Rp 4,6 juta) sampai 3.680 ringgit (Rp 11,5 juta) ketimbang model lama. Hal itu bisa terjadi sebab mesin baru yang lebih irit membawa Vios masuk kategori berdasarkan National Automotive Policy (NAP) 2014. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com