Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota “Comot” Pelajar Terbaik SMK di Indonesia

Kompas.com - 05/08/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Tidak ingin kehilangan sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dirikan lembaga pendidikan, Toyota Indonesia Academy (TIA). Lebih dari itu, ini jadi satu sumbangsih Toyota untuk mencetak tenaga tenaga ahli di bidang manufaktur untuk Indonesia.

Bob Azam, Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, angkatan pertama masih berjumlah 32 orang. Dalam perkembangannya, kapasitas akan ditambah hingga mencapai 100 siswa.

“Angkatan satu dan dua masih 32 siswa. Penambahan siswa sendiri membutuhkan penambahan investasi terkait mesin-mesin yang akan digunakan, karena setiap satu siswa memegang satu mesin,” ujar Bob saat dijumpai di Karawang, Jawa Barat, Rabu (3/8/2016).

Bob melanjutkan, kalau perekrutan dilakukan langsung oleh TMMIN dengan mendatangi sekolah-sekolah unggulan di 14 provinsi. Siswa terbaik yang terpilih ini, akan dididik untuk menjadi tenaga ahli di bidang maintenance dan automation.

“Kami pilih dahulu sekolah dengan akreditasi terbaik atau grade A, kemudian kami surati pihak sekolah untuk menyediakan sepuluh besar siswa terbaik yang nantinya kami tes. Mereka tidak datang ke sini untuk tes, tapi kami yang mendatangi mereka semua. Siswa terpilih merupakan yang terbaik. Salah satu pertimbangan lain yaitu terkait kondisi ekonominya tidak begitu mapan,” tutur Bob.

Demi akademi manufaktur ini Toyota gelontorkan dana Rp 70 miliar, di mana lulusan dari sekolah ini akan setara dengan Diploma 1. Kurikulum yang diberikan juga dikombinasi, antara milik Toyota global dan Pendidikan Tinggi Nasional. Angkatan pertama sudah akan diluluskan bulan ini, Agustus 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com