Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota dan WWF Bergandengan Tangan demi Lingkungan

Kompas.com - 21/07/2016, 12:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – World Wildlife Fund (WWF) dan Toyota Motor Corporation memulai kemitraan selama lima tahun. Keduanya bekerjasama mempromosikan konsevasi keanekaragaman hayati, meningkatkan kesadartahuan tentang lingkungan, dan mempercepat perubahan menuju masyarakat bebas karbon.

Toyota merupakan perusahaan otomotif pertama dan perusahaan Jepang pertama yang menandatangani Global Corportate Partnership dengan WWF. Perjanjian kemitraan ini secara resmi dimulai pada 1 Juli 2016.

Dalam kemitraan ini, Toyota akan mendukung Living Asian Forest Project, serangkaian kegiatan WWF yang sedang berjalan dan dalam perencanaan. Agenda ini mengonservasi hutan tropis dan satwa liar di Asia Tenggara, termasuk tempat-tempat prioritas WWF yaitu Kalimantan dan Sumatera di Indonesia. Selanjutnya, kegiatan ini akan juga meluas untuk mencakup kawasan Greater Mekong.

Program ini juga akan berupaya meningkatkan keberlanjutan  sumber daya alam dan komoditas seperti kayu, kertas, dan pulp, sawit, serta karet alam. Produksi dan penggunaan yang tidak berkelanjutan dari komoditas ini merupakan salah satu dari penyebab utama deforestasi dan meningkatnya ancaman terhadap spesies yang terancam punah di kawasan-kawasan tersebut.

Toyota akan memberikan bantuan sebesar 1 juta dollar AS (Rp 13,1 miliar) untuk Living Asian Forest Project pada 2016 dan akan melanjutkan dukungan ini selama lima tahun ke depan.

Dukungan Toyota ke dalam program tersebut menguatkan upayanya untuk mencapai satu dari enam tantangan dalam Toyota Environmental Challenge 2050, yaitu menciptakan masyarakat yang hidup dalam keseimbangan dengan alam di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com