Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Bagikan Rp 12,8 Juta untuk Setiap Konsumen

Kompas.com - 18/06/2016, 03:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Skandal uji emisi yang menimpa Mitsubishi, mendorongnya untuk berinisiatif memberikan dana kompensasi kepada konsumen. Uang ini diberikan bagi pemilik empat model Mitsubishi, ek Wagon dan Ek Space, Nissan Day dan Dayz Roox.

Mengutip Channelnewsasia, Jumat (17/6/2016), Osamu Masuko, CEO Mitsubishi mengatakan kepada wartawan, biaya kompensasi yang direncanakan ini, diharapkan tidak menghalangi dan mengganggu pembicaraan kerja samanya dengan Nissan.

Mitsubishi nantinya bakal memberikan pembayaran  100.000 yen atau Rp 12,8 juta untuk setiap pelanggan yang dimaksud. Angka ini diambil dari perkiraan analisis pemberian kompensasi yang berkisar dari 46.000-146.000 yen.

Jumlah unit kendaraan yang terdeteksi memiliki data uji emisi yang salah mencapai 625.000 unit. Jika di akumulasi biaya kompensasi dikalikan jumlah unit, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 8 triliun.

Menurunnya performa Mitsubishi pasca skandal yang dialami, menggiring Nissan untuk ambil bagian dalam membantu persoalan rekannya tersebut. Salah satu langkah besarnya, dengan membeli 34 persen saham Mitsubishi, yang membuat Nissan ada di posisi pemegang saham terbesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com