Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Antre Model Turbo Honda Lain di Masa Depan

Kompas.com - 09/04/2016, 08:37 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai menjual mobil dengan mesin turbo melalui All New Honda Civic. Tak hanya small sedan, ke depannya model Honda di segmen lain juga akan menggendong teknologi tersebut.

Menurut Yuji Matsumochi, Chief Engineer Global Development Assistant Leader All New Civic, Honda R&D Co Ltd, ke depannya penggunaan mesin 1,5-liter turbo ini tidak hanya di Civic. Tetapi, akan tersemat di model Honda lainnya.

“Implementasinya akan disimpan di sasis mana itu masih rahasia. Intinya kita siap dengan teknologi tersebut,” ujar Yuji dalam acara wawancara khusus dengan sejumlah wartawan di booth Honda IIMS 2016, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/4/2016) sore.

Setyo Adi/KompasOtomotif Honda meluncurkan generasi terbaru Civic Turbo di IIMS 2016.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, menambahkan, turbo merupakan teknologi masa depan. Sehingga, dipastikan kedepannya model lain akan menggunakan mesin turbo, sebab selain bertenaga juga tetap memberikan efisiensi bahan bakar minyak (BBM).

“Sekarang ini memang belum kita pikirkan akan digunakan lagi di model yang mana, namun turbo teknologi adalah masa depan,” kata Jonfis.

Turbo sekarang ini, lanjut Jonfis dikembangkan dengan teknologi modern. Sehingga, menjadikan kendaraan itu ramah lingkungan dan menguntungkan bagi pemiliknya karena sangat ekonomis.

“Dibeberapa Negara sudah mulai memberlakukan tren mesin kecil turbo yang ramah lingkungan dan irit bahan bakar. Kedepannya Indonesia juga diharapkan bisa seperti itu, kita sesuaikan saja karena secara teknologi sudah siap,” ucap Jonfis.

Setyo Adi/KompasOtomotif Honda Civic sudah mulai bisa diluncurkan,

All New Honda Civic di Indonesia hanya tersedia satu tipe mesin, yakni 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams. Jantung pacu ini diklaim menghasilkan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700 - 5500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology-nya mampu menghasilkan keseimbangan antara mesin yang responsif dari putaran rendah dan bertenaga di putaran tinggi. Sistem ini memberi akselerasi yang responsif, lebih halus dan performa mesin yang maksimal serta konsumsi bahan bakar yang efisien, sekaligus tingkat emisi bersih yang sudah memenuhi standar Euro IV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com