Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy Indonesia Izinkan New V-Class Jadi Taksi

Kompas.com - 30/03/2016, 17:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mercedes-Benz (MB) Indonesia tidak menutup pintu bila V-Class terbaru yang sudah diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (30/3/2016), dilirik perusahaan taksi jadi kendaraan angkutan umum. Sebelumnya, generasi kedua V-Class atau yang bernama Viano juga pernah jadi taksi mewah pada 2012.

Viano mulai dijual Indonesia pada 2010, menurut Kariyanto Hardjosoemarto Deputy Director Business & Network Development MB Indonesia, penjualannya hanya berjalan setahun untuk konsumen ritel. Spesifikasi Viano saat itu dinilai kurang pas buat bersaing di pasar MPV mewah, mungkin inilah sebabnya MB Indonesia beralih ke konsumen fleet seperti taksi.

Otomotifnet.com Mercedes-Benz Viano jadi taksi Express.
Kariyanto menjelaskan V-Class terbaru bukan tidak mungkin jadi bagian kerja sama dengan perusahaan taksi di Indonesia. Namun kondisi sekarang V-Class masih difokuskan buat ritel, sebab model generasi ketiga ini punya modal yang cukup untuk bersaing dengan kompetitor sejenisnya. 

“Target kami pertama adalah konsumen ritel, kami fokuskan di situ dulu. Kalau nanti ada taksi, ya kami tidak menolak. Bukan bilang tidak tapi kita fokus ritel dulu karena segmennya cukup tinggi,” jelas Kariyanto selepas pengenalan New V-Class di Jakarta.

New V-Class baru tersedia satu unit di Indonesia, itupun rencananya digunakan sebagai pajangan di Indonesia International Motor Show yang akan digelar bulan depan. Kariyanto menjelaskan impor CBU V-Class dari Spanyol akan datang dan tiba di diler pada akhir April.

Distribusi ke konsumen akan dilakukan pada pertengahan Mei. Sepertinya perusahaan taksi yang berminat harus menunggu sampai proses itu selesai. Namun perlu diingat harga New V-Class yakni Rp 1,299 miliar off the road.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com