Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy V-Class Sempat Tak Laku di Indonesia

Kompas.com - 30/03/2016, 17:16 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Peluncuran generasi ketiga V-Class di Indonesia, Rabu (30/3/2016), melanjutkan kembali penjualan model MPV mewah itu yang sempat terhenti. Mercedes-Benz (MB) Indonesia menjelaskan pernah menjual generasi kedua V-Class atau juga disebut Viano pada 2010, namun dinilai kurang sukses karena hanya berlangsung setahun.

Menurut Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Business & Network Development MB Indonesia, Viano sulit bersaing di pasar MPV mewah karena pilihan spesifikasinya kurang pas. Setelah melakukan analisa dengan pandangan ekonomi Viano kurang bisa memenuhi keinginan pasar.

“Dahulu penerimaannya tidak begitu bagus. Dari spesifikasi produk dulu lebih kaku, dulu benar-benar desainnya Eropa yang dinilai kurang mewah. Menurut analisa kami itu yang membuat dulu kurang begitu sukses,” ucap Kariyanto.

Dia lanjut mengatakan bahwa MB Indonesia memutuskan menunggu hingga generasi ketiga V-Class siap. Di pasar global New V-Class telah hadir sejak 2014, namun model baru produksi Spanyol itu baru datang ke Indonesia pada tahun ini

“Sekarang pada generasi yang terakhir, secara spek jauh berubah, jauh berbeda dengan Viano makanya kami sangat percaya diri. Orang di sini kan kebanyakan bukan untuk di setir sendiri, kebanyakan pakai sopir. Pasti mereka mau yang belakangnya nyaman, mewah, muat banyak keluarga tapi tetap kemewahannya ada,” ujar Kariyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com