Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Jitu "Biker" Melewati Lubang di Jalan

Kompas.com - 28/03/2016, 16:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lubang di jalan atau polisi tidur yang dibuat sembarangan bisa jadi sumber malapetaka di jalanan buat pengendara sepeda motor. Keduanya punya efek kejut sebab lokasinya sering kali tanpa peringatan. Nah, buat biker ada cara buat mengantisipasinya biar tidak celaka.

Kadang kala biker tidak punya cukup waktu dan ruang buat menghindari lubang yang kelihatan dadakan. Salah satu caranya tetap menginjak lubang tapi dengan mengangkat bokong. Cara ini efektif mengurangi dampak benturan buat tubuh dan sepeda motor, termasuk menjaga keseimbangan agar tidak terjatuh.

“Angkat pantat boleh-boleh saja. Ini berguna untuk meminimalkan transfer benturan ke tulang belakang, jadi teredam lebih dulu dengan engsel kaki pengendara,” kata Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan, Minggu (6/3/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Contoh alat pembatas kecepatan alias polisi tidur yang dibuat tidak sesuai regulasi.
Saat berkendara, beban tubuh ditopang bokong, ketika bokong diangkat maka gantian kedua kaki yang jadi tumpuan. Dalam posisi itu kedua kaki biker yang berfungsi sebagai pegas. Syarat lain saat hal itu dilakukan, pegangan tangan di setang harus menguat dan pandangan tetap ke depan.

Bisa jadi kita berpikir aktivitas itu terlalu banyak untuk dikerjakan hanya dalam sekejap saat melewati lubang, namun metode ini sangat berguna menghindari kecelakaan.  Tentu syarat dasar agar bisa melakukannya biker wajib selalu berkendara dengan posisi tubuh benar. Artinya posisi tangan dan kaki berada di tempat seharusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com