Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Hapus Satu Merek di Amerika

Kompas.com - 04/02/2016, 07:24 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

California, KompasOtomotif – Divisi khusus Toyota untuk pasar Amerika Utara, Scion, dikabarkan tutup buku. Para karyawan Scion sudah dapat informasi itu setelah terjadi pertemuan rahasia pada Selasa (2/2/2016), seperti diberitakan Carbuzzard.com.

Sebagian karyawan bakal kena PHK, sementara sisanya dibiarkan tetap tinggal sampai Agustus saat semua mobil terakhir di diler sudah terjual. Pekerja yang dilepas lebih dulu punya kesempatan melamar ke Toyota, namun dipindah lokasi kerja ke Texas.

Belum ada pernyataan dari Toyota ataupun Scion soal kabar ini, tapi dikatakan pengumuman resmi bakal dirilis tidak lama lagi.

Scion pertama kali berdiri pada 2002 untuk menjangkau selera konsumen klasifikasi generasi Y. Dua model pertama hatchback xA dan wagon xB meluncur pada 2003 di California. Model-model Scion lainnya, sedan tC, hatchback xD, mobil kota iQ, dan sedan sport kembaran Toyota 86/Subaru BRZ, FR-S.

Penjualan tahunan terbaik Scion terjadi pada 2006 saat menjual lebih dari 175.000 unit. Pada 2015 hanya 56.167 unit yang terjual, Scion jadi merek terlaris ke-29 dari total 35 merek yang ada di Amerika Serikat.

Diprediksi tidak ada dampak signifikan buat fasilitas produksi Toyota bila Scion berhenti beroperasi. Selama ini kebanyakan model Scion merupakan rebadge mobil Toyota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com