Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Klaim Konsumsi BBM “All New” Fortuner Versi Toyota

Kompas.com - 02/02/2016, 12:53 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Sebelum diluncurkan di pasar otomotif dalam negeri, PT Toyota Astra Motor (TAM) melakukan pengujian internal mengenai konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Fortuner. Hasilnya, 17 persen lebih irit dibandingkan generasi sebelumnya.

General Manager Technical Service PT TAM, Dadi Hendriadi, menjelaskan, jika ditanya berapa angka konsumsi BBM kilometer per liter belum bisa disebutkan. Sebab konsumsi BBM akan sangat bervariasi atau bergantung penggunaan dan kondisi jalan.

“Yang jelas kalau dibandingkan dengan Fortuner sebelumnya, baik yang mesin bensin atau diesel lebih irit berkisar 17 persen,” kata Dadi saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (2/2/2016).

Hasil tersebut, kata Dadi, didapat setelah pengujian dengan berbagai kondisi pengendaraan dan jalan. Mesin bensin dan diesel, diuji dengan kondisi yang sama, agar semuanya seimbang.

“Kondisi jalannya bervariasi antara dalam kota dan luar kota. Cara pengenaliannya juga sama seperti membawa mobil pada umumnya,” ucap Dadi.

Tetapi, lanjut Dadi, jika jalanan macet maka hasil konsumsi BBM tidak akan sampai 16 persen lebih irit. Sebab, saat kondisi jalanan macet dengan lancar sudah pasti berbeda.

“Kalau macet banyak stop and go dan jelas lebih boros ketimbang jalanan lancar,” kata Dadi lagi.

All New Fortuner bensin menggengong mesin berkapasitas 2.694cc, Dual VVT-I, sedangkan diesel 2.393cc VNT. Mesin bensin menggunakan sistem pembakaran injeksi (electronic fuel injection) sedangkan diesel common rail, dan masing-masing memiliki kapasitas tangki BBM 80 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com