Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Perjalanan Toyota Fortuner di Indonesia

Kompas.com - 25/01/2016, 09:05 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Fortuner merupakan produk ketiga yang dikembangkan menggunakan platfor global International Multi-purpose Vehicle (IMV) yang dipasarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), setelah transformasi Kijang Innova dan Hilux, pada 2005. Sport Utility Vehicle (SUV) menengah ini sontak menjadi andalan Toyota guna meraih porsi penjualan lebih dominan,

Kerika diluncurkan, Fortuner generasi pertama masih berstatus impor utuh alias completely built up (CBU) dari Thailand. Produk ini cuma ditawarkan dalam satu pilihan mesin, 2.7 liter bensin. Mesin ini diproduksi Toyota di Sunter, Jakarta Utara dan diekspor ke Thailand.

Hanya berselang satu tahun, produksi Fortuner dipindahkan ke Indonesia, tepatnya di pabrik Toyota di Karawang. Alasannya, agar penyerahan unit ke tangan konsumen bisa lebih cepat dan dapat memenuhi kouta di pasar dalam negeri.

Menariknya lagi, September 2007, Toyota menambahkan varian mesin diesel bagi konsumen Fortuner di Indonesia.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Toyota Fortuner menjadi idola kaum urban juga wanita.

Berjalan empat tahun, TAM melakukan penyegaran, sehingga Fortuner terlihat lebih modern dan mewah. Desain lampu utama serta bemper depan mengalami ubahan, sehingga lebih aerodinamis. Interiornya juga mengalami ubahan sehingga pengemudi dan penumpang merasa lebih nyaman.

Setelah satu tahun, TAM kembali membuat terobosan. Kali ini, Fortuner dilengkapi teknologi Variable Nozzle Turbo (VNT) khusus mesin diesel. VNT tersebut diklaim mampu menjaga performa dari putaran bawah dan lebih efisien.

Sebelum hadir generasi kedua, 2014 Fortuner hadir dengan pilihan mesin diesel 4x4. Tambahan line up ini sebagai jawaban dari keinginan konsumen di Indonesia yang hobi menaklukkan jalur off-road.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Peluncuran Toyota All New Fortuner di JCC, Senayan, Jumat (22/1/2016).

Awal tahun ini, tepatnya di 22 Januari 2016, TAM mulai menjual Fortuner generasi kedua di Indonesia. Ubahan dari sektor eksterior dan interiornya cukup signifikan jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Desaiin eksteriornya menampilkan kesan tangguh dan tetap ada unsur urban stylish cool. Sektor jantung pacu tetap tersedia dua pilihan, yaitu bensin 2.7-liter dan diesel 2.4-liter. Keduanya sama-sama menggendong mesin baru yang diklaim tetap tangguh dan irit bahan bakar minyak (BBM).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com