Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor ”Adventure” Blasteran Inggris-India

Kompas.com - 24/01/2016, 15:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Merek Inggris yang telah dibeli pengusaha India, Royal Enfield, sedang gencar mempromosikan kehadiran sepeda motor bernafas petualangan, Himalayan. Model ini akan meluncur 2 Februari 2016 mendatang, namun perusahaan sudah membuka website khususnya.

Royal Enfield yang juga sudah membuka perwakilan di Indonesia itu menampilkan beberapa foto dan sejumlah video untuk menggugah penasaran para petualang. Video dan foto itu benar-benar menunjukkan aksi dan kekuatan Himalayan sebagai sepeda motor serbabisa.

Belum ada spesifikasi teknis, namun banyak yang menghubung-hubungkan sepeda motor ini dengan mesin LS400 dengan kapasitas silinder 410 cc. Tenaganya diklaim mencapai 24 tk, menggunakan sistem pendingin udara yang berpau dengan pendingin oli.

Royal Enfield Sepeda motor akan dibekali mesin 410 cc berpendingin air dan oli.
Dikatakan juga bahwa mesin menjaga tenaga maksimal meski dalam kondisi apa pun. Menariknya, Royal Enfield sudah membocorkan interval servis yang cukup panjang, setiap 10.000 km. Beberapa komponen juga diklaim tahan lama, seperti busi yang dikatakan bisa tetap fit sampai 25.000 km.

Sistem suspensi dioprek oleh Harris Performance Inggris, yang juga menjadi perusahaan yang dibeli Royal Enfielad, Mei tahun lalu. Sepeda motor menggunakan pelek 21 inci di depan, dan 18 inci di belakang, semuanya menggunakan pelek jari-jari.

Ban bertipe dual-purpose, bisa digunakan untuk jalanan aspal dan off-road. Diperkirakan, model ini akan dijual di India degan harga mulai 180.000 rupee atau setara Rp 36,7 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com