Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda CX-3 Berstatus "CBU Japan" untuk Indonesia

Kompas.com - 19/01/2016, 17:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis


 Jakarta, KompasOtomotif – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) tahun ini akan meluncurkan CX-3 di pasar otomotif nasional. Crossover atau Sport Utility Vehicle (SUV) kompak itu nantinya berstatus impor utuh (Completely Built Up/CBU) dari Jepang bukan Thailand.

“Kita menjual CX-3 di Indonesia bukan dari Thailand, melainkan dari Jepang,” ujar Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI saat dihubungi KompasOtomotif, Selasa (19/1/2016).

Menurut Astrid, CX-3 yang diproduksi di Thailand sementara digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik Thailand. Sehingga, Indonesia harus mengambilnya dari Jepang.

“Sejauh ini kita belum ada rencana untuk mengambil CX-3 dari Thailand. Keputusan yang sudah final kita ambil CX-3 dari Jepang,” ujar Astrid.

Di Thailand, perakitan CX-3 dilakukan di AutoAlliance (AAT), Rayong, Thailand. Selama ini, pabrik Mazda di Rayong, Thailand, hanya memproduksi dua model saja, yakni Madza2 dan BT-50.

Presiden Mazda, Masamichi Kogai menyatakan, CX-3 akan diproduksi sebanyak 150.000 unit di tahun ini, dan semuanya dirakit di Jepang. Mazda menyatakan bahwa CX-3 akan dipasarkan di seluruh dunia, atau sekitar 120 negara.

Dari total 150.000 unit yang diproduksi tahun ini, 36.000 unit akan dijual di pasar domestik Jepang. Sisanya akan dikirim ke pasar-pasar Mazda di seluruh dunia. Produksi CX-3 dilakukan di pabrik Ujina, Hiroshima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com