Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ertiga Berhasil Goda 166.000 Konsumen

Kompas.com - 08/11/2015, 17:25 WIB
Agung Kurniawan

Penulis


Bogor, KompasOtomotif - Ertiga masih menjadi bagian dari kisah sukses Suzuki di Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2012, MPV 7-penumpang ini sudah beredar di jalanan Indonesia lebih dari 166.000 unit, dihitung hingga akhir Oktober 2015.

Raihan angka tersebut dicapai dengan tidak mudah. Tak cukup dengan strategi harga, namun juga banyaknya pilihan dan improvisasi model yang diklaim "semakin mengerti" kebutuhan konsumen, mulai dari tipe GA, GL, GX, hingga Elegant dan Sporty untuk menjaring konsumen yang ingin tampil beda.

Menurut Davy J Tuilan, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil sales (SIS), sukses tersebut tercapai berkat konsistensi merek mendengar kebutuhan konsumen. Sejumlah perubahan pada kendaraan pun berdasarkan masukan konsumen.

"Kami mengadakan Pesta Keluarga New Ertiga, membuktikan bahwa kami ingin konsumen lebih dekat dengan kami dan merasakan esensi brand Suzuki. Agenda seperti ini juga secara tidak langsung memperkukuh posisi Ertiga yang ingin selalu mengerti kebutuhan keluargan," ujar Davy.

Eksistensi Penjulan
Eksistensi model ini pun diuji dalam hal penjualan. Di tengah persaingan low MPV yang semakin "seru" ditambah kondisi perekonomian yang sangat lesu tahun ini, Ertiga masih sanggup menggoda 2.000-3.000 konsumen setiap bulan.

Berdasarkan data Gaikindo, hingga akhir Oktober 2015, sudah 24.634 unit terjual. Memang, jumlah itu turun drastis jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu, namun, hal tersebut dicapai dalam kondisi pasar yang juga turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com