Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tambah Investasi Rp 500 milar demi Efisiensi

Kompas.com - 30/09/2015, 12:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Karawang, KompasOtomotif - Honda Prospect Motor (HPM) kini tak perlu repot lagi mengirimkan mesin ke luar negeri untuk diuji kualitasnya. Pengujian mesin sebagai bagian dari proses produksi kini bisa dilakukan di dalam negeri sebab HPM telah meresmikan fasilitas tambahan, Engine Test Bench, di pabrik kedua di Karawang, Jawa Barat, Rabu (30/9/2015).

Tomoki Uchida, President Director HPM mengungkap pendirian fasilitas ini merupakan bagian dari suplai investasi baru senilai Rp 500 miliar. Selain Engine Test Bench, HPM juga menyiapkan dua fasilitas baru, yaitu untuk produksi crankshaft (poros engkol) pada 2016 dan connecting rod (batang piston) pada 2018. Kedua fasilitas baru itu juga beroperasi di Karawang.

Hidekazu Tsunemi, Vice President Director HPM menambahkan, Engine Test Bench menambah efisiensi produksi dan mengurangi biaya tambahan. Selama ini HPM mengirimkan mesin untuk diuji ke Thailand, Jepang, atau India untuk mesin 1.2L sampai 2.4L.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tambahan investasi mencapai Rp 500 miliar.

"Dengan fasilitas baru ini, kami bisa melakukan tes di Indonesia dengan lebih cepat dan efisien," kata Tsunemi.

Pengetesan mesin di Indonesia meliputi empat tahap, yakni hot and cool test, perfomance test, high speed test, dan over high speed test. Yurdha Gustama, operator uji mesin mengatakan satu mesin bisa menjalani ujian sampai 1.500 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com