Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang Bersama Ubur-ubur di Danau Kakaban

Kompas.com - 23/09/2015, 13:04 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Kakaban, KompasOtomotif - Petualangan epik Daihatsu Terios 7 Wonders selalu memilih tujuh destinasi wisata atau kekayaan alam di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Dalam eksplorasi tahun ini yang bertajuk, "Borneo Wild Adventure", ketujuh unit Terios berhasil menyelesaikan semua tujuan yang sejak awal sudah direncanankan di Pulau Kalimantan.

Destinasi terakhir dalam perjalanan tahun ini, adalah indahnya Danau Kakaban di Kalimantan Timur. Lokasi ini boleh dibilang eksotis, karena selain pemandangan yang spektakuler, Anda juga bisa berenang bersama ribuan ubur-ubur yang hidup di danau dengan aman. Ubur-ubur ini jenis yang tanpa sengat, jadi tidak berbahaya bagi manusia.

Meski danau, tapi Kakaban punya air payau yang punya karakter mirip dengan air laut. Danau ini terbentuk dari campuran air hujan berserta rembesan air laut melalui pori-pori tanah.

Stanley Ravel/KompasOtomotif Berinteraksi dengan ubur-ubur di Danau Kakaban, Kalimantan Timur.

Pulau Kakaban sendiri memiliki luas 774,2 hektar, masuk dalam bagian kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau ini sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu dengan luas mencapai 5 km persegi.

"Di Pulau ini ada danau yang dikelilingi bakau yang tumbuh liar. Danau ini memiliki air asin yang menurut kebanyakan para penyelam dikarenakan adanya lubang di bagian bawah yang terhubung langsung dengan lautan," ucap Muhadi, petugas Pulau Kakaban kepada KompasOtomotif, (21/9/2015).

Hadirnya Danau Kakaban menjadi pilihan menarik bagi para pengunjung Pulau Derawan. Selain bisa menikmati indahnya hamparan laut biru, para wisata juga bisa langsung berinteraksi dengan ubur-ubur yang ada di dalam Danau Kakaban. (ADV)
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com