Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mulai Ancang-ancang Naikkan Banderol

Kompas.com - 14/09/2015, 09:29 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Merefleksi pelemahan rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) yang terus berlangsung saat ini membuat sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) mulai berhitung ulang, tak terkecuali PT Toyota Astra Motor (TAM). Sang pemimpin pasar mobil nasional ini tengah ancang-ancang mau menaikkan banderol model-model andalannya dalam waktu dekat.

Saat ini, nilai tukar dollar AS tercatat berada di level Rp 14.233, sementara Toyota mengaku masih jauh memakai acuan. "Saat ini, acuan dollar (AS) kami masih di bawah Rp 13.000, jadi memang butuh penyesuaian," kata Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM kepada KompasOtomotif, Jumat (11/9/2015).

Keputusan Toyota menaikkan harga jual produk, sangat berpengaruh di pasar. Pasalnya, ketika pimpinan pasar menaikan harga, tentu merek-merek lain di sekelilingnya juga bakal melakukan hal serupa.

"Kalau situasi dollar AS tetap seperti ini, penyesuaian harga tidak bisa dihindarkan. Cuma berapa kenaikan dan kapan dilakukan, ini masih belum kami tentukan," ucap Samulo.

Satu hal yang ditekankan Samulo, meski lonjakan dollar AS cukup jauh dari acuan yang ditetapkan perusahaan, namun seluruh depresiasi ini tidak mungkin dibebankan langsung pada konsumen. Seluruh perhitungan harga baru akan dibicarakan oleh semua pihak terkait, mulai dari bagian produksi sampai pemasok.

"Tentu kami bicarakan dengan seluruh pihak, kami juga menjaga supaya kenaikan tidak terlalu menggangu daya beli konsumen, semua disesuaikan yang terbaik," kata Samulo.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com