Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boleh Konsumsi Minuman Berkafein Saat Mudik, asal…

Kompas.com - 13/07/2015, 14:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Telah dipercaya sejak lama, meneguk minuman berkafein bisa membantu mengusir kantuk pengemudi agar terjaga lebih lama. Bukan tidak mungkin cara itu akan digunakan banyak pengemudi saat mudik jelang Lebaran. Namun, apakah hal itu benar untuk dilakukan?

Menurut dokter spesialis gizi klinis Saptawati Bardosono, kegiatan berkendara lebih dari lima jam, seperti saat mudik, termasuk dalam kategori aktivitas berat. Oleh sebab itu, pasokan energi dari makanan harus dijaga untuk tetap sehat dan ideal. Kafein yang didapat dari produk kemasan dianggap sebagai suplemen atau pelengkap makanan.

"Suplemen makanan atau minuman, seperti kopi, dapat memberi efek merangsang kewaspadaan karena adanya kandungan kafein. Mereka yang memang sudah terbiasa mengonsumsi pun dapat memanfaatkannya," kata Saptawati kepada KompasOtomotif, pekan lalu.

Kafein merupakan obat perangsang sistem pusat saraf pada manusia. Efek yang dipercaya setelah mengonsumsinya adalah menunda kantuk untuk sementara. "Namun, tentunya tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya terlalu banyak," ujar Saptawati.

Selain bisa menangkal kantuk, Saptawati juga mengatakan bahwa suplemen berkafein dapat mencegah kelelahan mental dan fisik. Dua jenis kelelahan itu merupakan masalah yang kerap dialami pengemudi kala berkendara saat mudik.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com