Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juke-R Sentuhan Nismo Makin “Gila”

Kompas.com - 13/06/2015, 12:27 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Masih ingat dengan sosok Nissan Juke-R yang pernah menyentuh aspal Sirkuit Sentul pada April lalu? Mobil edisi terbatas -hanya empat unit- garapan Nissan Inggris ini sudah dirancang “buas” di trek lalu apa jadinya kalau edisi terbaru 2015 datang makin galak dengan sentuhan Nismo?

Diberitakan Worldcarfans, Jumat (12/5/2015), Nissan mengumumkan pengembangan Juke-R Nismo rampung dan siap dipamerkan di ajang Goodwood Festival of Speed pada 25 Juni nanti. Informasi resmi dari Nissan hanya sampai situ, namun rumor lain juga terus berkembang.

Faktor utama Juke-R bisa berlari 3,7 detik untuk 0-100 kpj berasal dari jantung pacu V6 3.8L milik GT-R , luapan tenaga mencapai 458 tk dan sangup digeber sampai 257 kpj. Potensi itu masih ditambah lagi dengan seting suspensi kompetisi, pangkas bobot sana dan sini, serta didukung keunggulan aerodinamis. Performa di trek “dahysat”, KompasOtomotif pernah mencobanya saat di Sentul, sama sekali tak ada rasa SUV.

Warna merah identik Nismo yang kini melekat pada Juke-R tentu membuai ekspektasi tinggi, Juke-R Nismo sudah seharusnya punya sesuatu yang spesial. Bisa jadi Juke-R Nismo tetap mengandalkan mesin V8 3.8L, namun seting tenaga mirip GT-R Nismo yang menyentuh 592 tk dan torsi 652 Nm. Dengan begitu kita bisa membayangkan SUV kompak dengan tampang asli unik itu berlari 0-100 kpj lebih cepat dari 3,7 detik.

Performa meningkat tapi kompensasinya jelas mengatrol harga lebih tinggi. Sampai saat ini belum ada keterangan jelas Juke-R Nismo akan jadi dijual untuk umum atau tetap limited edition seperti Juke-R. Namun yang pasti harganya tidak murah, banderol Juke-R saja 590.000 dollar AS (Rp 7,8 miliar).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com