Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Tahun Lagi Beredar Teknologi Mobil "Anti-Pemabuk"

Kompas.com - 10/06/2015, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Michigan, KompasOtomotif - Prototipe sistem “anti-pemabuk” pada mobil yang disebut Driver Alcohol Detection System for Safety (DADSS) kini sedang diuji Lembaga keselamatan jalan raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA). DADSS berfungsi menakar level alkohol pengemudi lalu memutuskan apakah mobil bisa dikendarai atau tidak.

Mengemudi dalam kondisi mabuk tentu sangat berbahaya sebab berpotensi mencelakai diri sendiri dan orang lain. Hal itulah yang melatarbelakangi NHTSA pro-aktif menyediakan solusi agar keselamatan berkendara semakin tinggi.

Cara kerja

DADSS menilai dari dua cara, berbasis sentuhan kulit dan nafas. Kedua metode ini dianggap lebih efisien dan lunak buat konsumen sebab tidak melibatkan pemeriksaan rumit seperti tes darah.

Detektor sentuhan terletak di sekitar kemudi. Cara kerjanya mengandalkan pemindai inframerah untuk menganalisa lapisan kulit jari pengemudi. Apabila sistem menilai terdapat konsentrasi kimia alkohol maka mobil tidak akan bisa digunakan. Di AS, angka legal kadar alkohol di bawah 0,8 persen.

Alternatif kedua menggunakan nafas alami pengemudi yang berhembus ke arah detektor di kemudi tepat di hadapan pengemudi. Protokol berjalan seperti cara sentuhan, mobil tak akan bisa jalan bila alkohol terdeteksi.

NHTSA telah melangkah lebih jauh, perangkat baru ini sudah dibicarakan kepada perusahaan industri otomotif tier satu. NHTSA mau menganalisa kemungkinan pasar dan potensi digunakan di mobil. Sistem menggunakan nafas dikembangkan pemasok komponen asal Swedia Autoliv sedangkan detektor sentuhan dibuat Takata yang sedang tersandung kasus recall jutaan kantong udara.

NHTSA memprediksi mobil yang sudah terintegrasi DADSS akan tersedia lima tahun dari sekarang. Waktu itu memang cukup lama namun pengembangan dan pengujian teknologi baru wajib dilakukan untuk memastikan keamanannya. Salah satu yang masih jadi pertanyaan, bagaimana bila pengemudi ingin menggunakan mobil untuk menghindar dari bahaya tapi mobil tetap tidak mau berjalan.

Lihat cara kerja perangkat DADSS di video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com