Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Land Rover Juga Siap "Serbu" Meksiko

Kompas.com - 29/04/2015, 07:30 WIB
Mexico City, KompasOtomotif - Pabrikan asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR), sedang mempertimbangkan pembangunan pabrik perakitan di luar Inggris. JLR menunjuk Meksiko sebagai wilayah untuk pembangunan pabrik besar.

Kabar ini cukup mengejutkan karena sebelumnya JLR disebutkan akan melakukan pengembangan pabrik di Amerika Serikat. Tapi, JLR mengincar Meksiko karena pertimbangan tenaga kerja yang murah, perjanjian perdagangan bebas dan dekat dengan pasar AS.

"Sangat menarik untuk bisa memiliki pabrik di Amerika Utara. Meksiko pasti akan menjadi calon yang sangat kuat karena biaya tenaga kerja murah, logistik dan keahlian dari jaringan pasokan juga mudah secara keseluruhan," jelas Direktur Jaguar Land Rover Meksiko, Joseph ChamaSrour, kepada Bloomberg, Rabu (29/4/2015).

JLR yang dimiliki oleh Tata Motors ini siap melakukan investasi lebih dari 500 juta dollar AS untuk membangun pabrik baru di Amerika Utara. Range Rover Evoque dan Range Rover Sport akan menjadi prioritas utama, tapi ChamaSrour mengatakan model Jaguar lainnya juga bisa dibangun di pabrik baru nanti.

Saat ini perusahaan tersebut sedang mengoperasikan beberapa fasilitas manufaktur yang berada di seluruh Inggris. JLR juga punya pabrik perakitan di Asia yang terletak di India dan pabrik terbarunya di China.

Bila JLR jadi menanamkan modalnya di Meksiko, maka akan menamah daftar panjang produsen yang berinvestasi di Meksiko. Sebelumnya Ford, Hyundai, Kia, Toyota dan Volkswagen sudah menyatakan diri akan membangun pabrik di negara Sombrero tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com